Cara Menghilangkan Jenuh Saat Belajar, Cocok untuk Persiapan CPNS 2023

Cara Menghilangkan Jenuh Saat Belajar, Cocok untuk Persiapan CPNS 2023

Cara Menghilangkan Jenuh saat Belajar, Cocok untuk Kalian yang CPNS 2023-Akseleran-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Jenuh saat belajar tentunya pernah kalian rasakan? Apalagi kalian sedang mengikuti tes CPNS 2023. Jenuh akan mengganggu kalian dalam proses belajar tentunya.

Jenuh saat belajar terjadi karena kondisi emosional yang terjadi pada seseorang disaat lelah, lesu dalam belajar. Bosan juga menjadi salah satu alasan jenuh saat belajar untuk mempersiapkan CPNS 2023.

Jenuh ini terjadi biasanya karena adanya tuntutan belajar yang meningkat. Seseorang yang mengalami jenuh dalam belajar akan menghambat kemampuan berpikir.

Untuk kalian yang ingin mengikuti CPNS 2023, mengalami jenuh belajar tentunya akan mengganggu hasil tes kalian. Tidak adanya semangat belajar juga sangat berpengaruh dalam proses belajar. Kurangnya motivasi juga memunculkan rasa jenuh saat belajar.

BACA JUGA:Tips Belajar Efektif! Gimana Sih Caranya Konsisten

BACA JUGA:Wisata Keluarga Menggala Ranch Banyumas, Bermain Sekaligus Belajar di Alam Terbuka

Karena jenuh mempengaruhi proses belajar, hal ini akan membuat kesalahan sering terjadi saat belajar. Pengertian lain dari jenuh saat belajar adalah suatu kondisi dimana seseorang menggalami gangguan semangat, motivasi belajar dan tidak efisien dalam belajar.

Karena gangguan belajar dan belajar menjadi tidak efisien yang akan membuat hasil belajar jadi kurang. Adapun ciri-ciri orang mengalami kejenuhan dalam belajar.

Ciri-Ciri Jenuh saat Belajar

Menurut Nitisemito (1996), ada ciri-ciri dan indikator mengenai jenuh saat belajar yang dialami oleh seseorang sebagai beriikut.

1. Turunnya motivasi untuk belajar. Seseorang akan menjadi malas dalam belajar, hilangnya semangat belajar dan lupa akan tujuan awal mereka kenapa mereka belajar.

2. Sulit untuk berkonsentrasi. Jenuh saat belajar juga akan menurunkan konsentrasi dalam belajar, kesulitan fokus dalam belajar dan suka melamun saat proses belajar.

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah! Begini Tata Cara Membeli E-meterai CPNS dan PPPK 2023

BACA JUGA:Berikut Alur Seleksi CPNS 2023

3. Merasa seperti energi yang berkurang dan cepat lelah. Dalam kondisi ini seseroang akan merasa ceoat lelah dan merasa energinya terkuras dengan cepat.

4. Sering timbul kesalahan dalam belajar. Seseorang yang mengalami jenuh akan cenderung lebih banyak menimbulkan kesalahan dalam proses belajar mereka ataupun dalam mengerjakan sesuatu.

5. Kurangnya koordinasi. Kurangnya koordinasi biasanya berhubungan dengan waktu mereka belajar yang mulai berantakan dan tidak teratur. Tidak dapatnya mengatur waktu juga salah satunya.

6. Daya tangkap yang berkurang. Ketika seseorang sudah jenuh, daya tangkap mereka dalam belajar akan menurun. Menyulitkan untuk menangkap materi atau hal yang dipelajari.

7. Tegang. Seseorang yang jenuh tidak akan merasa tenang saat belajar dan akan merasa tegang saat terpaksa untuk belajar.

BACA JUGA:7 Instansi Pemerintah yang Buka Formasi CPNS Tanpa Syarat TOEFL

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS BKKBN 2023 Dibuka untuk Lulusan SMA dengan Gaji Tinggi

8. Mudah marah dan menjadi lebih sensitif. Jenuhnya seseorang saat belajar biasanya akan membuat orang itu menjadi lebih sensitive apalagi menyangkut hal yang mereka pelajari.

Itu tadi adalah beberapa ciri-ciri dan indikator yang biasanya orang sedang jenuh alamai saat belajar. Jadi kalian perlu memperhatikan orang yang sedang jenuh dalam belajar agar tidak memperparah keadaan.

Cara Mengatasi Jenuh dalam Belajar

Berikut adalah cara untuk mengatasi jenuh saat kalian belajar. Cara juga bisa diterapkan untuk kalian agar tidak jenuh dalam proses tes CPNS. Menurut Sukmana (2011) cara untuk mengatasi jenuh saat belajar adalah dengan Teknik belajar yang positif.

1. Mencari manfaat yang ada saat belajar. Dengan mencari manfaat saat belajar akan membuat seseorang mendapat ilmu pengetahuan dan menambah wawasan.

2. Lalukan kegiatan belajar dengan senang dan kreatif. Kegiatan apapun jika dilakukan dengan perasaan senang akan membuat hal itu menjadi menyenangkan. Belajar juga seperti itu, kalian perlu mencari senangnya dalam belajar.

BACA JUGA:CPNS dan PPPK 2023, Cara Daftar Beserta Syaratnya!

BACA JUGA:Rekruitmen PPPK dan CPNS Resmi Dibuka, Yuk Intip Perbedaannya Sebelum Mendaftar!

3. Hanya liat sisi positif guru. Kalian yang belajar dengan guru, perlu tahu jika guru adalah manusia yang tidak lepas dengan kesalahan. Jadi kalian perlu ambil sisi positif dari guru kalian. Dengan adanya kalian bisa berdiskusi tentang pemikiran kalian saat belajar.

4. Anggaplah belajar seperti kebutuhan yang mendesak. Dengan kalian belajar seperti kebutuhan yang mendesak akan membuat kalian berpikir jika belajar adalah kebutuhan yang perlu dipenuhi. Hal ini akan membuat seseorang menjadi lebih giat.

5. Lakukan diskusi dengan kelompok. Untuk menambah mootivasi saat belajar, kalian boleh mencari kelompok atau teman belajar. Dengan memiliki kelompok dapat membuat kalian bisa berdiskusi dan mendapat pendapat orang lain.

Nah, itu tadi adalah cara untuk menghindari jenuh dalam belajar. Kalian yang sedang mengikuti CPNS dapat menggunakan cara ini. Untuk meningkatkan kualitas belajar kalian. (aru)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: