Tahun 2022, 16 Penderita HIV/ AIDS di Purbalingga Meninggal Dunia

Tahun 2022, 16 Penderita HIV/ AIDS di Purbalingga Meninggal Dunia

ILUSTRASI AIDS/HIV-FREEPIK.COM-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID  - Hingga November tahun 2022 tercatat 16 penderita HIV/AIDS di Kabupaten PURBALINGGA meninggal dunia.

Hal itu berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purbalingga.

Fungsional Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (JF P2PM) Dinkes Kabupaten Purbalingga Aji Sumbodo mengungkapkan, kasus kematian pasien HIV/AIDS pada tahun 2022 ditemukan pertama kali di bulan Februari. 

BACA JUGA:Logo Hari Jadi Kabupaten Purbalingga ke 192 Diluncurkan, Apa Filosofinya?

"Ada tiga penderita yang meninggal dunia," katanya kepada Radarmas, Kamis, 1 Desember 2022.

Dia menjelaskan, kasus kematian pasien HIV/AIDS di Kabupaten Purbalingga kemudian berturut-turut ditemukan di bulan Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustusan dan September. 

"Pada bulan Maret ditemukan satu kasus meninggal dunia, April dua kasus, Mei tuga kasus, Juni satu kasus, Juli dua kasus, Agustus tiga kasus, serta September satu kasus. Sehingga, total ada 16 kasus meninggal dunia," jelasnya.

BACA JUGA:Ada Lansia Terlantar di Banyumas, Cukup Lapor ke PPSLU Sudagaran Melalui Layanan Online, Ini Caranya

Jumlah kasus meninggal dunia pada laki-laki penderita sebanyak 13 kasus. Serta, tiga kasus meninggal dunia baru pada perempuan.

Sedangkan, untuk kasus baru HIV/AIDS di Kabupaten Purbalingga hingga November 2022 ditemukan 85 kasus. Dengan temuan kasus tertinggi di bulan Juni sebanyak 13 kasus.

Berdasarkan data yang ada pada bulan Januari ditemukan tiga kasus, Februari enam kasus, Maret sembilan kasus, April enam kasus, Mei 11 kasus, Juni 13 kasus, Juli 12 kasus, Agustus sembilan kasus, September delapan kasus, serta Oktober delapan kasus.

BACA JUGA:Tersangka Pengedar Obat Terlarang Mengaku Dapat Keuntungan Rp 50 Ribu Per Boks

Jumlah temuan kasus baru tersebut terdiri dari 62 kasus pada laki-laki. Serta, ditemukan baru 22 kasus pada perempuan. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: