Selamat Tinggal Desa Tertinggal, Sudah Tidak Ada Desa Tertinggal di Kabupaten Purbalingga

Selamat Tinggal Desa Tertinggal, Sudah Tidak Ada Desa Tertinggal di Kabupaten Purbalingga

Apresiasi : Bupati Tiwi memberikan apresiasi atas capaian Desa Mandiri di Kecamatan Kertanegara saat acara Halal bi halal, Rabu 24 April 2024.-Prokompim Setda Purbalingga untuk Radarmas-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Hingga akhir tahun 2023 lalu dan 2024 ini, Kabupaten PURBALINGGA tidak lagi memiliki desa kategori tertinggal. Saat ini ada 24 desa mandiri dan 151 desa kategori maju dan 45 masuk desa berkembang.

"Dari total 224 desa, tidak ada lagi desa tertinggal. Seperti di Kecamatan Kertanegara ini, atau desa yaitu Kertanegara masuk kategori Desa Mandiri," kata Bupati Dyah Hayuning Pratiwi saat acara halal bi halal di Kecamatan Kertanegara, Rabu 24 April 2024.

Menurut UU Nomor 6 Tahun 2014, Desa Mandiri adalah desa yang mempunyai ketersediaan dan akses terhadap pelayanan dasar yang mencukupi, infrastruktur yang memadai, aksesibilitas/transportasi yang tidak sulit, pelayanan umum yang bagus, serta penyelenggaraan pemerintahan yang sudah sangat baik.

"Nilai Indeks Desa Membangun (IDM) Desa Kertanegara tahun 2023 itu 0,9032 atau masuk dalam kategori Mandiri," rincinya.

BACA JUGA:KPU Purbalingga Rekrut 90 Anggota PPK, Gaji Maksimal Rp 2,5 Juta

BACA JUGA:Bawaslu Kabupaten Purbalingga Mulai Bentuk Panwascam Pilkada Serentak 2024

Bupati Tiwi kembali mengingatkan, sejak tahun 2022 lalu sudah tidak ada lagi desa dengan kategori tertinggal dan sangat tertinggal di Kabupaten Purbalingga. Apalagi sudah disahkan revisi UU Desa dengan masa jabatan Kades menjadi 8 tahun.

"Waktu tambahan 2 tahun ini betul-betul dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk bisa menyelesaikan visi misi dalam membangun desa," tegasnya.

Prinsipnya, pembangunan di desa menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Purbalingga. Yaitu dengan meningkatkan pembangunan berbasis desa dan kawasan perdesaan melalui optimasi penyelenggaraan pemerintahan desa dan pemberdayaan. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: