Kodim Banyumas Gelar Komunikasi Sosial dengan Masyarakat, Undang Seorang Tokoh Kharismatik Kecamatan Kemranjen

Kodim Banyumas Gelar Komunikasi Sosial dengan Masyarakat, Undang Seorang Tokoh Kharismatik Kecamatan Kemranjen

Komandan Kodim 0701/Banyumas, Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama S.T., M.Han., melakukan konferensi pers program TNI AD-Aditya Hera untuk Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Komando Distrik Militer (Kodim) 0701/Banyumas menggelar kegiatan komunikasi sosial dengan berbagai komponen masyarakat yang berada di Jl. Jenderal Soedirman No. 204 Purwokerto. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesetiaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila.

Komandan Kodim 0701/Banyumas, Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama S.T., M.Han., mengajak masyarakat untuk setia pada NKRI dan Pancasila. Kodim Banyumas sekaligus menyampaikan berbagai program TNI AD yang bermanfaat untuk masyarakat.

Program TNI AD dapat dijadikan sebagai ruang untuk mendukung kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesetiaan terhadap NKRI dan Pancasila, ABRI Manunggal Air dan Ketahanan Pangan. Dengan distopnya impor beras dari Vietnam, kita dituntut untuk mensupplai kuota dari rakyat.

Kegiatan dihadiri oleh Sugiyatno, seorang tokoh masyarakat kharismatik yang menginisiasi ketahanan air di wilayah Kecamatan Kemranjen. Sugiyatno bersama tim ketahanan air asuhan Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. yang dikoordinasi oleh Mas Bonek, Tim Koramil Kemranjen, Tim Kodim Banyumas telah melakukan inisiasi kegiatan ketahanan air di Kemranjen.

Kegiatan tersebut juga didukung oleh Komunitas Pemuda Wijahan Progresif yang dikoordinasi oleh Dr.(C) Aditya Hera Nurmoko, S.IP, M.M.  seorang putra daerah Banyumas berprofesi sebagai dosen di Yogyakarta.

Mereka bekerja sama dalam sebuah tim yang solid dan kuat, untuk melakukan survey geolistrik titik titik pengeboran air dan sumber air gravisitasi dengan pompa hidram di kemranjen.

"Kami telah melakukan survei menggunakan geolistrik di Desa Karangjati, Pageralang, dan Kedungpring di Kecamatan Kemranjen untuk mengidentifikasi titik-titik air untuk pengeboran dan pompa hidram di Kemranjen," papar Dr.(C) Aditya Hera Nurmoko, S.IP, M.M., Rabu (26 Juni 2024)

Kemranjen menjadi salah satu kecamatan yang paling aktif dalam program ketahanan air melalui kerjasama dengan TNI AD, terutama Koramil Kemranjen dan Kodim Banyumas.

Lewat diskusi dalam kegiatan tersebut, Sugiyatno menyampaiakan pandangannya bahwa program ABRI Manunggal Air dan Ketahanan Pangan sangat berguna buat masyarakat Banyumas.

"Ke depannya akan ada program bantuan TNI seperti hibah alat pertanian, bantuan bibit dan pupuk serta pengeboran titik air. Semua itu penting untuk Ketahanan Pangan," kata Sugiyatno.

Lebih lanjut, Sugiyatno menjelaskan masyarakat Kemranjen antusias mendukung ABRI Manunggal Air dan Ketahanan Pangan di Kemranjen.

Koramil Kemranjen bahkan sangat responsif, merespon kami di Kemranjen terutama dalam arahan Kodim Banyumas.

Kegiatan komunikasi sosial ini diharapkan dapat menjadi penyatu berbagai elemen mayarakat di Banyumas lewat Kodim Banyumas, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesetiaan terhadap NKRI dan Pancasila.

Dengan demikian, Kodim Banyumas berkomitmen untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat dan mendukung program-program yang bermanfaat untuk masyarakat di Banyumas, Jawa Tengah Indonesia. (fij/Ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: