Keberlanjutan Ketahanan Pangan, Bakal Digelar Kontes Entok Jumbo

Keberlanjutan Ketahanan Pangan, Bakal Digelar Kontes Entok Jumbo

Entok jumbo program ketahanan pangan didistribusikan ke warga Desa Karangjati beberapa waktu lalu.-Fijri Rahmawati/Radar Banyumas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY - Pemerintah Desa Karangjati, Kecamatan Kemranjen merasa memiliki tanggung jawab atas keberlanjutan program ketahanan pangan berupa entok jumbo.

Selain memfasilitasi pemasaran entok jumbo hasil peliharaan seluruh warga desa, Kepala Dusun (Kadus) Desa Karangjati, Suwanto menuturkan, digagas alternatif kegiatan untuk mendongkrak harga dan popularitas entok jumbo.

"Ada rencana untuk mengadakan kontes entok jumbo," kata Suwanto.

Entok jumbo bukan hanya untuk konsumsi atau pedaging. Ternak unggas ini juga populer sebagai hewan hias yang dipelihara oleh pehobi.

BACA JUGA:Pemasaran Entok Jumbo Dikelola BUMDes untuk Meningkatkan Kesejahteraan Warga

BACA JUGA:Distribusi Entok Jumbo Terhambat karena Terkendala Stok yang Terbatas

Pehobi biasanya mengikutsertakan peliharaannya dalam kontes entok jumbo. Dengan mengikuti ajang lomba, potensi nilai jual bertambah tinggi.

Oleh karena itu, warga Desa Karangjati didorong untuk merawat entok jumbo yang telah diperoleh dengan sebaik mungkin. Agar dapat berkembangbiak dengan maksimal.

"Dari pada memelihara entok biasa, entok jumbo ini lebih memiliki nilai ekonomis, karena ada kontesnya," imbuh Suwanto.

Pemerintah Desa Karangjati berharap program ketahanan pangan berupa entok jumbo ini menjadi langkah kongkrit untuk meningkatkan kesejahteraan warga. Serta membangun desa menjadi sentra entok jumbo. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: