Menjaga Kesehatan Mental Anak Broken Home

Menjaga Kesehatan Mental Anak Broken Home

Beberapa cara menjaga kesehatan mental pada anak broken home. -Fahma Ardiana-

BACA JUGA:Manfaat Kiwi yang Ternyata Mampu Meningkatkan Kesehatan Mental

 

 

Di bawah ini adalah beberapa masalah kesehatan mental yang dihadapi anak-anak dari keluarga berantakan (broken home) tergantung pada usia mereka.

  • Anak kecil seringkali kesulitan memahami mengapa mereka harus berpindah dari rumah ke rumah. Mereka mungkin khawatir jika orang tuanya tidak lagi mencintai satu sama lain, suatu saat nanti orang tuanya juga tidak lagi mencintainya.
  • Anak sekolah dasar mungkin percaya bahwa perceraian adalah kesalahan mereka. Anak mungkin khawatir telah melakukan kesalahan atau bertanya-tanya apakah mereka melakukan kesalahan yang menyebabkan perceraian.
  • Para remaja bisa sangat kecewa terhadap perceraian dan perubahan-perubahan yang menyertainya. Mereka mungkin menyalahkan salah satu orang tua atas putusnya hubungan tersebut, atau menyimpan dendam terhadap salah satu atau kedua orang tua atas pertengkaran yang terjadi dalam keluarga.

Dampak Jangka Panjang

Dalam jangka panjang, perceraian juga dapat mempengaruhi kesehatan mental dan perilaku anak dalam keluarga yang berantakan. Dampak yang mungkin dialami anak akibat perceraian orang tuanya antara lain:

BACA JUGA:Musik Keroncong Bisa Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

BACA JUGA:Ternyata Ini 5 Gangguan Kesehatan Mental yang Sering Dialami Laki-Laki

1. Perubahan Perilaku

Selain lebih banyak masalah perilaku, anak juga lebih mungkin mengalami konflik dengan teman sebayanya. Anak-anak yang berasal dari keluarga yang berantakan juga lebih mungkin melakukan perilaku berisiko, seperti penggunaan obat-obatan terlarang, melakukan hubungan seks bebas pada usia dini, merokok, dan minum alkohol.

2. Gangguan Jiwa

Perceraian dapat meningkatkan risiko timbulnya masalah psikologis pada anak dan remaja. Anak-anak dari keluarga yang berantakan memiliki risiko lebih tinggi terkena depresi dan gangguan kecemasan dibandingkan anak-anak dari orang tua yang sehat.

BACA JUGA:6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Remaja Introvert

BACA JUGA:6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Mahasiswa Saat Proses Skripsi, Tips dan Strategi yang Efektif

3. Menurunnya Prestasi Sekolah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: