Ternyata Ini 5 Gangguan Kesehatan Mental yang Sering Dialami Laki-Laki

Ternyata Ini 5 Gangguan Kesehatan Mental yang Sering Dialami Laki-Laki

Jenis gangguan kesehatan mental yang sering dialami oleh laki-laki -Psychiatric & Psychological Specialties-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Gangguan kesehatan mental yang sering dialami oleh laki-laki adalah subjek yang sering kali kurang mendapat perhatian yang layak dalam masyarakat. Namun, pemahaman mengenai gangguan-gangguan ini sangatlah penting untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan kaum pria.

Data yang dikumpulkan oleh Our World in Data pada tahun 2017 menunjukkan bahwa secara umum, perempuan lebih sering didiagnosis menderita gangguan kesehatan mental daripada laki-laki. Sebagaimana yang disebutkan dalam jurnal Frontiers in Public Health tahun 2021, di mana perempuan lebih cenderung melaporkan masalah kesehatan mental mereka. 

Namun demikian, laki-laki juga rentan terhadap gangguan kesehatan mental. Sebagian dari mereka mungkin tidak menyadari bahwa mereka mengalami masalah kesehatan mental yang memerlukan bantuan. 

Selain itu, ada beberapa gangguan kesehatan mental yang cenderung lebih sering dialami oleh kaum pria. Lalu, apa saja kondisi mental yang sering dialami oleh laki-laki? Dan apakah ada cara untuk mencegahnya? Berikut adalah pembahasannya.

BACA JUGA:Ini 5 Gangguan Kesehatan Mental yang Sering Dialami saat Lebaran, Jomblo Harap Waspada!

BACA JUGA:Waspada! Ini 6 Gangguan Kesehatan Mental yang Disebabkan Karena Kurang Tidur

1. Skizofrenia

Gejala skizofrenia yang muncul pada laki-laki biasanya terjadi ketika mereka berusia antara 18 hingga 25 tahun. Ini terjadi lebih awal dibandingkan dengan perempuan, yang gejalanya biasanya baru muncul saat mereka berusia antara 25 hingga 35 tahun. 

Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar hormon estrogen pada perempuan. Sebuah laporan yang diterbitkan di jurnal Schizophrenia Research and Treatment pada tahun 2012 menyatakan bahwa laki-laki cenderung mengalami gejala negatif skizofrenia yang lebih parah daripada perempuan. 

Gejala negatif ini meliputi kesulitan dalam mengekspresikan diri, kehilangan semangat, dan kurangnya interaksi sosial. Laki-laki dengan skizofrenia juga sering mengalami disorganisasi, seperti kesulitan berbicara secara kohesif dan menunjukkan emosi yang tidak terkendali. 

2. Gangguan Obsesif Kompulsif (OCD)

Tidak jauh berbeda dengan skizofrenia, laki-laki cenderung menunjukkan gejala OCD lebih awal dibandingkan dengan perempuan. Salah satu contoh gejala OCD adalah perilaku mencuci tangan berulang kali karena takut terkontaminasi oleh virus. 

BACA JUGA:Sering Merasa Bersalah: Gejala Gangguan Kesehatan Mental yang Perlu Diketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: