Manfaat Berpuasa untuk Kesehatan Mental

Manfaat Berpuasa untuk Kesehatan Mental

Beberapa manfaat berpuasa yang berpengaruh untuk kesehatan mental sekaligus kesehatan fisik.-Fahma Ardiana-

3. Meningkatkan daya ingat

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics menunjukkan bahwa membatasi waktu makan, seperti dengan berpuasa, dapat meningkatkan daya ingat secara signifikan.

Dalam penelitian ini, setelah subjek berlatih puasa intermiten selama empat minggu, kinerja mereka dalam tugas perencanaan tata ruang dan memori kerja meningkat secara signifikan.

Selain itu, penelitian lain pada hewan menemukan bahwa puasa intermiten meningkatkan pembelajaran dan memori. Itu artinya puasa sangat bagus untuk menjaga kesehatan mental agar tetap stabil.

4. Menjauhi kebiasaan-kebiasaan negatif

Puasa di bulan Ramadhan bertujuan untuk menjunjung tinggi dan meningkatkan akhlak dan kebiasaan yang baik. Hal ini tidak hanya sekedar menghilangkan rasa lapar dan haus.

Puasa di bulan Ramadhan juga membantu menjauhi kebiasaan buruk dan negatif. Contohnya termasuk kemarahan, argumen, argumen, dan nafsu. 

Selama bulan puasa Ramadhan, banyak orang fokus pada pengembangan pengendalian diri dan mempelajari kembali kebiasaan positif yang mengubah hidup.

Di sini, semua orang dapat mengembangkan kesabaran dan kemauan yang kuat, serta menjalani kehidupan yang disiplin.

Itulah dia beberapa manfaat berpuasa untuk kesehatan mental sekaligus kesehatan fisik. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: