Ternyata Ini 5 Gangguan Kesehatan Mental yang Sering Dialami Laki-Laki

Ternyata Ini 5 Gangguan Kesehatan Mental yang Sering Dialami Laki-Laki

Jenis gangguan kesehatan mental yang sering dialami oleh laki-laki -Psychiatric & Psychological Specialties-

BACA JUGA:Kekerasan Masa Kecil, Berpeluang Besar Menyebabkan Gangguan Kesehatan Mental Pada Anak Lho!

Namun, secara umum, perempuan lebih sering didiagnosis menderita OCD oleh para dokter. Berdasarkan laporan dari Men's Health, diperkirakan bahwa 50 persen dari total populasi yang mengalami OCD adalah laki-laki. Hal ini mungkin disebabkan oleh kecenderungan laki-laki untuk menolak mengakui bahwa mereka mengalami kesulitan. 

Mengacu pada laman VeryWell Mind, laki-laki yang mengalami OCD sejak usia dini cenderung mengalami gejala yang lebih parah daripada mereka yang gejalanya muncul setelah usia 10 tahun. Gejala OCD pada kasus early-onset muncul secara bertahap dan memiliki kemungkinan yang tinggi untuk terkait dengan gangguan tics.

3. Penyalahgunaan Zat Terlarang

Gangguan kesehatan mental yang sering dialami oleh laki-laki berikutnya yaitu penyalahgunaan zat terlarang. Penyalahgunaan zat terlarang memiliki kaitan erat dengan pengalaman trauma, PTSD, serta skizofrenia. 

Trauma menjadi salah satu faktor risiko utama yang mendorong seseorang untuk menyalahgunakan obat-obatan, dan dampaknya paling dirasakan oleh kaum pria. Tingkat bunuh diri pada kaum pria yang terkait dengan masalah ini mencapai empat kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan kaum wanita. 

BACA JUGA:6 Ciri-Ciri Bipolar Kambuh, Kenali Berdasarkan Fase yang Dilewati!

BACA JUGA:Yuk Ketahui! Inilah 5 Pengobatan Bipolar yang Sudah Teruji

4. Gangguan Bipolar

Gejala mania pada gangguan bipolar sulit terdeteksi pada laki-laki karena adanya stereotip gender. Perilaku yang menunjukkan kepercayaan diri yang berlebihan sering dianggap sebagai hal yang wajar bagi laki-laki, namun tidak demikian halnya bagi perempuan. 

Beberapa tanda perilaku mania pada laki-laki yang perlu diwaspadai meliputi kelebihan energi yang berujung pada kesulitan tidur, tingkat aktivitas yang tinggi, dan kecenderungan untuk melakukan tindakan berisiko. Selain itu, laki-laki yang mengalami gangguan bipolar memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami masalah penyalahgunaan zat terlarang, gangguan obsesif kompulsif (OCD), dan gangguan kecemasan.

5. Post Traumatic Stress Disorser (PTSD)

Gejala post traumatic stress disorder (PTSD) pada laki-laki memiliki ciri yang sedikit berbeda dengan yang dialami oleh perempuan. Pria yang mengalami PTSD biasanya memiliki riwayat pekerjaan yang berisiko tinggi atau pernah terlibat dalam konflik perang. Gejala PTSD pada pria umumnya muncul belakangan. 

Salah satu ciri utama PTSD adalah adanya flashback mendadak terhadap peristiwa traumatis yang dialami. Ini sering kali membuat penderitanya menghindari aktivitas atau hal yang dapat memicu kenangan buruk tersebut. 

BACA JUGA:8 Ciri Gangguan Kesehatan Mental ADHD, Amati Anak Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: