Ini 7 Kesalahan Tidur yang Mempengaruhi Kesehatan Mental Anda, Waspada!

Ini 7 Kesalahan Tidur yang Mempengaruhi Kesehatan Mental Anda, Waspada!

Kesalahan Tidur yang Mempengaruhi Kesehatan Mental Anda -Health-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kesalahan tidur yang mempengaruhi kesehatan mental Anda perlu diperhatikan dengan serius. Hal ini karena kualitas tidur yang buruk dapat berdampak negatif pada kesejahteraan mental Anda secara keseluruhan.

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan pentingnya tidur untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, apakah Anda sudah sepenuhnya menyadari bahwa tidur juga memiliki dampak besar pada kesehatan mental? 

Beberapa gangguan kesehatan mental karena kurang tidur meliputi perubahan suasana hati, mudah merasa marah dan/atau sedih, gangguan kecemasan, kesulitan tidur, bahkan hingga depresi. Dampak-dampak ini sering terjadi setelah kebiasaan tersebut sudah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari. 

Lalu apa saja kesalahan saat tidur yang dapat mempengaruhi kesehatan mental? Berikut penjelasannya. 

BACA JUGA:Waspada! Ini 6 Gangguan Kesehatan Mental yang Disebabkan Karena Kurang Tidur

BACA JUGA:Intip 6 Cara Menjaga Kesehatan Mental secara Low Budget, Gak Bikin Dompet Tipis!

1. Tidur Berlebihan

Walaupun tidur bermanfaat untuk tubuh dan pikiran, tidur berlebihan dapat membawa dampak negatif. Terlalu banyak tidur dapat menyebabkan perasaan depresi, sedih, dan cemas. 

Selain itu, pola tidur yang tidak seimbang juga dapat memengaruhi produksi hormon penting dalam tubuh, seperti melatonin dan serotonin, yang berperan dalam mengatur suasana hati dan kesejahteraan mental. Oleh karena itu, menjaga keseimbangan waktu tidur sangat penting agar kualitas tidur tetap baik dan kesehatan mental tetap terjaga.

2. Kurang Tidur

Kurang tidur juga dapat berdampak pada kesehatan mental seseorang. Kondisi ini bisa menyebabkan gangguan suasana hati hingga depresi. 

Bahkan, sebagian besar orang yang mengalami depresi melaporkan bahwa salah satu gejala yang mereka alami adalah insomnia, yaitu kesulitan tidur yang berkelanjutan. Oleh karena itu, menjaga kualitas tidur yang cukup penting untuk menjaga kesehatan mental yang optimal.

BACA JUGA:Mengapa Pisang Dapat Membantu Penderita Gangguan Kesehatan Mental Anxiety, Begini Penjelasannya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: