Ini 8 Tanda Bahaya yang Harus Anda Ketahui untuk Pencegahan Bunuh Diri

Ini 8 Tanda Bahaya yang Harus Anda Ketahui untuk Pencegahan Bunuh Diri

Pencegahan Bunuh Diri-Shutterstock-

Ketika seseorang dalam lingkaran Anda menunjukkan gejala ingin mengakhiri hidup, ada langkah-langkah yang dapat Anda ambil sebagai upaya mencegah bunuh diri. Berikut ini adalah tindakan-tindakan tersebut:

1. Ajak untuk Berdiskusi dan Jadilah Pendengar yang Empati

Orang yang merencanakan bunuh diri sering kali sedang mengalami beban emosional yang berat. Oleh karena itu, menjadi pendengar yang baik dan membuka ruang untuk diskusi hangat dapat membantu mereka merasa didengar dan dipahami. 

2. Bantu Selesaikan Masalahnya

Orang yang berpikir untuk bunuh diri sering kali merasa terjebak dalam masalah yang tidak bisa mereka atasi sendiri. Berikan tawaran bantuan untuk membantu menyelesaikan masalah mereka, sekecil atau sebesar apapun itu. 

3. Jangan Biarkan Kesepian

Jangan biarkan seseorang yang berisiko melakukan bunuh diri merasa kesepian. Temani mereka dan pastikan mereka tidak merasa sendirian. Meskipun Anda tidak selalu bisa berada di samping mereka, tetapi Anda bisa tetap berhubungan dengan mereka melalui panggilan telepon, video call, atau pesan teks sebagai langkah pencegahan bunuh diri.

BACA JUGA:6 Jenis Gangguan Kesehatan Mental, Paling Sering Dijumpai

BACA JUGA:Mengenal Anhedonia Komplikasi dari Gangguan Kesehatan Mental

4. Ajak Konsultasi dengan Psikolog atau Psikiater

Jika upaya Anda untuk mencegah bunuh diri belum berhasil, mengajak orang yang berisiko ke psikolog atau psikiater mungkin merupakan langkah terbaik. Dengan demikian, mereka dapat menerima bantuan dan penanganan yang sesuai dengan kondisi mental dan emosional mereka yang mendasari keinginan untuk bunuh diri.

Mengenali tanda-tanda bahwa seseorang ingin bunuh diri adalah langkah awal yang penting. Dengan mengetahui gejala-gejalanya, kita dapat segera mengambil tindakan pencegahan bunuh diri yang diperlukan.(amp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: