Komplikasi Gangguan Kesehatan Mental yang Sangat Berbahaya

Komplikasi Gangguan Kesehatan Mental yang Sangat Berbahaya

Komplikasi Gangguan Kesehatan Mental yang Sangat Berbahaya -Pinterest -

Gangguan kesehatan mental seringkali menyebabkan individu merasa terasing dari kehidupan sosial mereka. Dampak ini merupakan salah satu tantangan yang serius yang dihadapi oleh orang-orang yang mengalami gangguan mental.

BACA JUGA:Inilah Jenis-jenis Penyakit Mental dan Gejalanya, Apakah Kamu Termasuk?

BACA JUGA:5 Manfaat Menggambar untuk Kesehatan Mental, Bisa Atasi Stres!

Gangguan kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, atau gangguan sosial sering kali membuat individu cenderung untuk mengisolasi diri.

Mereka mungkin merasa sulit atau tidak nyaman berada di sekitar orang lain dan akhirnya memilih untuk menjauh dari interaksi sosial.

Individu yang mengalami gangguan kesehatan mental mungkin mengalami perasaan tidak diterima atau tidak dimengerti oleh orang lain.

Mereka mungkin merasa bahwa orang-orang di sekitar mereka tidak dapat memahami apa yang mereka alami, atau bahkan menolak mereka karena gangguan mental yang mereka hadapi.

Keterbatasan yang timbul akibat gangguan kesehatan mental juga dapat menghambat kemampuan seseorang untuk berpartisipasi dalam aktivitas sosial.

Misalnya, individu yang mengalami kecemasan sosial mungkin merasa tidak nyaman atau takut untuk hadir dalam acara sosial.

Gangguan kesehatan mental juga dapat menyebabkan gangguan dalam hubungan interpersonal seseorang.

Perilaku yang tidak terduga, perubahan mood yang ekstrem, atau kesulitan dalam berkomunikasi dapat membuat interaksi dengan orang lain menjadi sulit dan menyebabkan isolasi sosial.

Dalam menghadapi tantangan terasing dari kehidupan sosial yang terkait dengan gangguan kesehatan mental, penting bagi individu untuk mencari dukungan dan pengertian dari orang-orang terdekat. 

5. Kecanduan Rokok, Alkohol, atau NAPZA

Gangguan kesehatan mental seringkali meningkatkan risiko seseorang mengalami kecanduan rokok, alkohol, atau NAPZA (Narkotika, Alkohol, dan Zat Adiktif lainnya). Dampak ini menjadi salah satu tantangan serius yang harus diatasi dalam penanganan gangguan mental.

BACA JUGA:6 Strategi Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: