Jamaah Islam Aboge di Desa Onje Purbalingga Baru Melaksanakan Puasa Ramadan 13 Maret 2024

Jamaah Islam Aboge di Desa Onje Purbalingga Baru Melaksanakan Puasa Ramadan 13 Maret 2024

IBADAH: Masjid R Sayyid Kuning, tempat jamaah Islam Aboge di Desa Onje Purbalingga melaksanakan ibadah.-Aditya/Radarmas-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Jamaah Islam Alif Rebo Wage (Aboge) di Desa Onje, Kecamatan Mrebet kabupaten PURBALINGGA, bakal memulai puasa bulan Ramadan pada Rabu, 13 Maret 2024 mendatang.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Desa Onje Mugi Ari P kepada Radarmas, Senin, 11 Maret 2024.

Dia mengungkapkan jamaah Islam Aboge di Desa Onje berbeda dalam penetapan hari pertama puasa Ramadan, dengan Pemerintah atau PP Muhammadiyah.

Pemerintah menetapkan hari pertama puasa bulan Ramadhan, pada Selasa, 12 Maret 2024. Sedangkan, PP Muhammadiyah pada tanggal 11 Maret 2024.

BACA JUGA:Penganut Aboge Sumpiuh Lakukan Upacara Kemerdekaan RI yang Sarat Tradisi

BACA JUGA:Penganut Islam Aboge Baru Laksanakan Salat Idul Adha 1444 H, Jumat Pagi

"Penetapan awal bulan Ramadan jamaah Islam Aboge di Desa Onje, menggunakan metode penghitungan kalender Jawa," katanya kepada Radarmas, Senin, 11 Maret 2024.

Terpisah sesepuh jamaah Islam Aboge di Desa Onje Kyai Maksudi mengatakan, penetapan 1 Ramadan 1445 H, dengan menggunakan kalender Jawa. Sehingga, sudah diketahui sejak jauh hari sebelumnya.

Tak hanya tanggal 1 Ramadan, penentuan hari raya Idul Fitri 2024 juga sudah diketahui sejak jauh hari.

"Tanggal 1 Syawal 1445 H (Hari Raya Idul Fitri 1445 H, red) juga sudah bisa diketahui, yakni jatuhnya pada hari Jumat Wage (12 April 2024, red)," jelasnya.

BACA JUGA:Ikuti Naluri Leluhur, Aboge Selamatan pada 1 Syawal

BACA JUGA:Hikmat dan Haru Warnai Sholat Id Penganut Aboge

Dia menjelaskan, rumah perhitungan 1 Ramadan jamaah Islam Aboge menggunakan rumus, yang sudah pasti.

Diketahuinya, penggunaan kalender sistem Aboge mengakibatkan jamaah Islam Aboge mengalami perbedaan dengan pemerintah. Yakni, dalam melaksanakan ibadah puasa, lebaran idul Fitri dan Idul Adha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: