Cara Menangani Ban Belakang Motor Matic yang Terkunci

Cara Menangani Ban Belakang Motor Matic yang Terkunci

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ban belakang pada sepeda motor matic yang terkunci. -Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Jika Anda pemilik sepeda motor matic, mungkin Anda pernah mengalami kejadian tidak mengenakkan yaitu roda belakang sepeda motor matic Anda tiba-tiba terseret atau terkunci.

Kondisi ini terlihat saat ingin mengambil posisi tengah, dan saat memutar roda belakang sepeda motor matic terasa seperti terseret sehingga memerlukan tenaga yang besar untuk memutarnya.

Lalu apa penyebab roda belakang pada sepeda motor matic terkunci dan susah berputar? T

ernyata penyebab roda belakang sepeda motor matic susah berputar adalah mur pengunci kampas kopling yang menempel pada bel kopling. Jika diputar paksa, kedua bagian ini akan aus.

BACA JUGA:9 Penyebab Oli Motor Matic Bocor Bisa Menimbulkan Masalah Serius

BACA JUGA:4 Rekomendasi Motor Matic yang Keren untuk Pria dengan Desain Sporty

 

Idealnya, harus ada celah antara mur dan pot kopling pada sepeda motor matic, sehingga pot dapat berputar bebas (tanpa hambatan) dan hanya dapat diaktifkan ketika lapisan kopling dipasang.

Jika mur pengunci sepeda motor matic kurang kencang, mur dapat bergerak ke arah bukaan (bel kopling berada di ujung mur).

Jika menempel terlalu kencang, roda sepeda motor matic bisa terkunci dimana dampak lain dari masalah ini adalah umur kopling berkurang.

Penyebab lainnya adalah buruknya bentuk fisik bel kopling yang bentuk fisiknya sudah tidak sempurna lagi dan kinerja kopling menjadi tidak normal.

BACA JUGA:5 Penyebab Utama Knalpot Motor Matic Mengeluarkan Asap Putih

BACA JUGA:Mengenal 5 Perbedaan Tune Up Dengan Service Pada Motor Matic

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: