Petualangan Seru di Tampomas, Objek Wisata Batu Andesit Terbesar di Banjarnegara!

Petualangan Seru di Tampomas, Objek Wisata Batu Andesit Terbesar di Banjarnegara!

Wisata Tampomas Banjarnegara-Instagram @banjarnegara.keren-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Wisata Tampomas Banjarnegara menawarkan panorama alam yang memesona, terutama dengan tebing batu andesitnya yang megah. 

Terletak di Banjarnegara, Jawa Tengah, tempat ini sering disebut sebagai Gunung Batu Tampomas. Destinasi wisata ini tidak hanya menawarkan pemandangan yang memukau tetapi juga menyimpan kisah sejarah yang menarik.

Legenda Gunung Tampomas berasal dari kisah sepasang kekasih yang tidak bisa bersatu karena perbedaan kasta. Keduanya kemudian dikutuk menjadi batu, dengan permintaan si wanita agar menjadi batu yang berguna. 

Gunung Tampomas kemudian menjadi saksi bisu akan kebermanfaatannya bagi banyak orang, termasuk dalam pembangunan PLTA Bendungan Panglima Besar Jenderal Sudirman pada tahun 1980.

BACA JUGA:5 Wisata Murah di Banjarnegara, Namun Tetap Indah dan Bikin Bahagia!

BACA JUGA:3 Wisata Kolam Renang di Banjarnegara: Informasi Lengkap Fasilitas dan Tiket Masuk!

Wisata Tampomas Banjarnegara menampilkan danau luas yang dikelilingi oleh tebing batu andesit yang memukau. Air danau ini berasal dari mata air alami Gunung Tampomas sendiri, menjadikannya tempat yang menenangkan dan indah untuk dinikmati. Bukti peledakan Gunung Tampomas terlihat dari garis-garis tegak lurus di tebing batu, bekas bor untuk menghancurkan gunung.

Lokasi Tampomas Banjarnegara

Lokasi Tampomas Banjarnegara terletak di Desa Gentansari, Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Akses Menuju Tampomas Banjarnegara

Rute menuju Tampomas Banjarnegara dari pusat kota dapat dilakukan dengan mengarah ke Jalan KH Dahlan, kemudian belok kanan ke Jalan Campur Salam. Jaraknya cukup dekat dengan Alun-Alun Banjarnegara, sekitar 9 km dengan estimasi waktu kurang dari 20 menit.

Akses jalan menuju Tampomas Banjarnegara bisa dilalui dengan berbagai jenis kendaraan, meskipun beberapa titik jalurnya mungkin kurang baik. Bagi penggemar gowes, objek wisata Tampomas ini bisa menjadi tujuan yang menarik.

BACA JUGA:Wisata Sejuk di Banjarnegara: Ada yang Bisa Untuk Camping!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: