Sarana Prasarana Perekaman Visa Bio Calon Haji Butuh Peningkatan

Sarana Prasarana Perekaman Visa Bio Calon Haji Butuh Peningkatan

Terakhir dilaksanakan di Majelis Taklim Mardhotillah pada Senin (22/1), sarana prasarana perekaman SVB di Banyumas butuh peningkatan.-Yudha Iman Primadi/Radar Banyuma-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Perekaman Saudi Visa Bio (SVB) Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupatan Banyumas selesai dengan catatan dari sebagian jemaah, bahwa masih butuh peningkatan sarana prasarana guna memperlancar kegiatan wajib tersebut.

Data yang dihimpun Radarmas per Senin (22/1) sore, dari jumlah CJH Kabupaten Banyumas sebanyak 1.185 orang, paspor jemaah yang sudah jadi mencapai 970 buah. Dari 970 pemilik paspor tersebut, 896 jemaah telah berhasil melalui perekaman SVB.

CJH Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Al-Arofat asal Karanglewas, Salim Rifai bersyukur telah menyelesaikan perekaman SVB, untuk mempermudah proses screening identitas ketika jemaah masuk ke Bandara Arab Saudi. Penilaian proses perekaman SVB ditangani baik oleh tim dari Kantor Kemenag Banyumas dan KBIHU.

"Tahapan demi tahapan dilalui. Alhamdulillah saya selaku CJH Banyumas tahun 2024 sangat terbantu," katanya.

BACA JUGA:Calon Jamaah Haji Wajib Rekam Biometrik Untuk Syarat Penerbitan Visa

BACA JUGA:Rekam Biometrik Visa Bio Calhaj Banyumas Jadi Syarat Berangkat Haji

Salim menjelaskan, proses perekaman SVB dari awal hingga pembuatan paspor semua dipermudah. Tanpa ada arahan dan bimbingan dari tim Kantor Kemenag Banyumas dan KBIHU. Sedangkan beberapa perekaman SVB sulit berjalan karena faktor usia dari jemaah.

"Saya sendiri membuat paspor kebetulan mandiri secara online. Tetapi yang tidak mandiri semua terbantu oleh KBIHU," terang dia.

Dia mengaharapkan, ke depan ada peningkatan sarana dan prasana untuk proses perekaman SVB. Agar semakin mempermudah semua jemaah sarana prasarana dapat dilengkapi.

"Tetapi secara umum jemaah terbantu dengan ikut di KBIHU Al-Arofat," ungkap Salim.

CJH lainnya dari Majelis Taklim Mardhotillah, M Bahri asal Tambak menambahkan, dengan adanya perekaman SVB jemput bola di masing-masing kantor majelis taklim, dirinya menghaturkan terima kasih pada tim dari Kantor Kemenag Banyumas. Harapannya keberangkatan hajinya tahun ini bersama istri lancar tanpa satu halangan apapun dengan petunjuk dan Ridho dari Allah SWT. 

"Sampai kembali di tanah air dengan selamat dan dapat menjalani aktivitas semula dalam keadaan sehat. Begitu yang saya harapkan," pungkasnya. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: