Ini 5 Gejala Gangguan Ginjal yang Perlu Diperhatikan oleh Wanita

 Ini 5 Gejala Gangguan Ginjal yang Perlu Diperhatikan oleh Wanita

Gejala Gangguan Ginjal pada Wanita-Freepik-

4. Menopause Awal

Menopause dini dapat dianggap sebagai indikasi adanya masalah pada ginjal wanita. Meskipun hubungan pasti antara keduanya masih belum sepenuhnya dipahami, penurunan kadar estrogen yang mungkin terjadi akibat gagal ginjal dianggap sebagai salah satu faktor penyebabnya.

BACA JUGA:Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal

BACA JUGA:Penyebab Penyakit Batu Ginjal, Ketahui Agar Bisa Mencegahnya!

Tanda-tanda menopause dini mencakup menstruasi yang tidak teratur atau berhenti, serta berbagai gejala lain seperti keringat malam, kekeringan vagina, insomnia, penurunan gairah seksual, dan kesulitan konsentrasi.

5. Kesehatan Tulang Menurun

Meskipun kondisi ini dapat terjadi pada pria juga, wanita yang mengalami gangguan ginjal cenderung memiliki kesehatan tulang yang lebih buruk. Oleh karena itu, risiko mengalami osteoporosis dan penurunan kepadatan tulang meningkat.

Gangguan ginjal dapat memengaruhi kesehatan tulang karena salah satu peran ginjal adalah memproduksi vitamin D. Vitamin ini esensial untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang.

Mengetahui gejala gangguan ginjal pada wanita, bersama dengan tanda umum lainnya, sangat penting agar penyakit ginjal dapat teridentifikasi sejak dini. Ini dapat membantu mencegah kerusakan ginjal menjadi lebih serius.

Cara Mencegah Gangguan Ginjal pada Wanita

Untuk mencegah gangguan ginjal, disarankan wanita menerapkan gaya hidup sehat dengan cara:

  1. Minum air putih minimal 8 gelas per hari.
  2. Tidak menahan keinginan buang air kecil.
  3. Membersihkan vagina dari depan ke belakang setiap setelah buang air.
  4. Mengonsumsi makanan bergizi.
  5. Berhenti merokok.
  6. Melakukan olahraga secara teratur.

Jika gejala gangguan ginjal pada wanita masih tetap terasa meskipun langkah-langkah pencegahan telah diambil, segera berkonsultasi dengan dokter. Gejala ini dapat menjadi tanda kondisi lain, seperti obesitas atau penyakit autoimun. (amp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: