Ini 5 Gejala Gangguan Ginjal yang Perlu Diperhatikan oleh Wanita

 Ini 5 Gejala Gangguan Ginjal yang Perlu Diperhatikan oleh Wanita

Gejala Gangguan Ginjal pada Wanita-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Gejala gangguan ginjal pada wanita mungkin memiliki perbedaan sedikit dengan gejala yang muncul pada pria. Perbedaan ini disebabkan oleh perbedaan letak organ dalam rongga perut dan panggul wanita dengan pria. Penting untuk memahami Gejala gangguan ginjal agar penyakit ini dapat terdeteksi sejak dini, memungkinkan pemberian penanganan yang tepat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit ginjal, seperti gagal ginjal kronis, dibandingkan dengan pria. Salah satu alasan yang dikemukakan adalah kecenderungan wanita untuk rentan terhadap infeksi saluran kemih, yang dapat menyebabkan timbulnya gejala gangguan ginjal pada wanita.

Gejala Gangguan Ginjal pada Wanita

Ketika seseorang mengalami gangguan ginjal, beberapa gejala umum yang dapat dirasakan meliputi kelesuan, kesulitan berkonsentrasi, insomnia, kulit kering dan gatal, urine berbusa, nyeri panggul, kram otot, hingga penurunan nafsu makan. Bagi wanita, terdapat juga gejala gangguan ginjal lainnya, seperti:

1. Menstruasi Tidak Teratur

Gangguan ginjal dapat menyebabkan ketidakteraturan menstruasi. Pada kondisi gagal ginjal kronis, misalnya, penurunan fungsi ginjal dapat mempengaruhi kinerja indung telur. 

BACA JUGA:Fakta dan Mitos, Apakah Olahraga Saat Menstruasi Aman Dilakukan?

BACA JUGA:Jangan Dianggap Sepele! Berikut Merupakan Gejala Menstruasi yang Harus di Waspadai

Hal ini dapat mengakibatkan berhentinya produksi hormon, termasuk hormon estrogen, yang pada gilirannya dapat memengaruhi menstruasi dan menyebabkan vagina kering serta nyeri saat berhubungan seksual.

2. Penurunan Gairah Seksual

Gejala gangguan ginjal pada wanita juga dapat melibatkan penurunan gairah seksual. Penyakit ginjal dapat memengaruhi kelenjar pituitari dalam pelepasan hormon luteinizing (LH). Kadar hormon LH yang rendah dapat menyebabkan penurunan produksi hormon estrogen di ovarium, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan gairah seksual.

3. Kesulitan untuk Hamil

Wanita yang mengalami gangguan ginjal dan mengalami menstruasi tidak teratur mungkin menghadapi kesulitan dalam meraih kehamilan. Gangguan tersebut dapat menjadi penyebab gejala ginjal bermasalah pada wanita, menyebabkan kesulitan untuk mencapai kehamilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: