Harga Komoditas Cabai di Purbalingga Semakin "Pedas", Cabai Rawit Merah Tembus Rp 67.500 Per Kilogram

Harga Komoditas Cabai di Purbalingga Semakin

Pedagang komoditas cabai di Pasar Segamas Purbalingga.-ADITYA WISNU WARDANA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Harga komoditas cabai di Kabupaten PURBALINGGA semakin "pedas" alias terus merangkak naik. Kenaikan harga paling drastia terjadi pada komoditas cabai rawit merah.

Fungsional Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Purbalingga Martha Dwi Budiati mengatakan, sejak beberapa pekan terakhir, harga komoditas cabai terus naik.

Dia menyebutkan, terus naiknya harga komditas cabai tersebut, karena dampak El Nino. Hal itu, menyebabkan gangguan dari panen maupun pasokan 

BACA JUGA:Kredit Tumbuh 12,53 Persen, BRI Semakin Kuat, Selama 9 Bulan Cetak Laba Rp44,21 Triliun

"Selain itu, permintaan yang tinggi dan suplai yang terbatas, juga menjadi penyebab harga komoditas cabai terus mengalami kenaikan," ujarnya kepada Radarmas.

Dia menjelaskan, dari grafik harga cabai di Pasar Segamas Purbalingga, yang dicatat Dinperindag. Diketahui, komoditas yang terus mengalami kenaikan harga, sejak 6 Oktober 2023 lalu, adalah cabai rawit merah.

"Harga komoditas sembako di Pasar Segamas selama ini menjadi rujukan harga di pasar tradisional lainnya. Jadi pantauan harga kami laksanakan di Pasar Segamas," jelasnya.

BACA JUGA:Status Kembali Jadi Jalan Desa, Perbaikan Jalan di Grumbul Gualangu, Desa Sawangan, Banyumas, Dikerjakan Desa

Sedangkan, untuk komoditas cabai lainnya, harganya flktuatif atau sempat naik dan turun. Harganya pun tak melonjak tajam seperti cabai rawit merah.

"Harga cabai rawit merah naik cukup siginifikan. Saat awal bulan Oktober (2023) masib dijual Rp 33 ribu per kilogram. Namun, saat ini (26 Oktober 2023, red) sudah menembus harga Rp 67.500 per kilogram," ungkapnya.

Harga cabai merah besar biasa atau teropong saat ini dijual Rp 37 ribu per kilogram. Sedangkan, pada awal bulan masih dijual Rp 30 ribu per kilogram.

BACA JUGA:Status Kembali Jadi Jalan Desa, Perbaikan Jalan di Grumbul Gualangu, Desa Sawangan, Banyumas, Dikerjakan Desa

Harga cabai merah besar keriting naik menjadi Rp 40 ribu per kilogram. Harga komoditas cabai ini di awal Oktober 2023 masih dijual Rp 31.800 per kilogram.

Harga cabai rawit hijau yang pada awal bulan Oktober 2023 masih dijual Rp 30 ribu per kilogram. Saat ini, sudah menembus harga Rp 38.500 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: