Tips Memilih Lokasi Parkir Aman untuk Sepeda Motor

Tips Memilih Lokasi Parkir Aman untuk Sepeda Motor

Tips Memilih Lokasi Parkir Aman untuk Sepeda Motor-BERNAS.ID-

RADARBANYUMAS.DISWAY,ID - Beberapa hari ini, marak kejadian curanmor (pencurian sepeda motor). Mngan Maraknya curanmor, masyrakat menjadi resah dan khawatir dengan kendaraannya, apalagi kalau sedang diparkir di suatu tempat.

Dengan maraknya kejadian tesebut, siapa pun harus selalu berhati-hati dan waspada dengan kendaraannya. Untuk menghindari yang tidak diinginkan, kamu butuh tips bagaimana memilih lokasi parkir aman untuk sepeda motor.

Tips Memilih Parkir Aman

Saat memarkir kendaraan di tempat umum, ada baiknya tidak sembarang parkir. Ada tips pilih parkir aman yang bisa kamu ikuti :

BACA JUGA:Soal Pencurian Besi Penutup Gorong-Gorong di Purwokerto, Begini Kata DPU

 

BACA JUGA:Dikejar 10 Jam Oleh Polda Jateng, 3 Spesialis Pencurian Mobil di Semarang Ditangkap di Sumpiuh

Parkir di Parkiran Resmi

Biasakan ketika ingin parkir di suatu tempat, carilah lokasi parkir yang resmi. Karena motor kamu akan selalu dijaga oleh pihak keamanan parkir.

Biasanya di parkiran resmi terdapat CCTV, sehingga apabila terjadi hal pencurian, proses investigasi akan lebih mudah.

Namun, apabila kamu tidak dapat parkiran resmi alias parkir di pinggir jalan, posisikan motor terparkir yang terlihat dari jangkauan mata. Dan jangan luoa mengunci setang ke arah kanan, karena itu akan mempersulit pencuri mencuri motor. Terpenting lagi, hindari meninggalkan barang berharga di motor.

BACA JUGA:Terkait Maraknya Pencurian Helm di Purwokerto, Ini Langkah Polresta Banyumas

 

BACA JUGA:Asyik, Bakal Ada Hotel Berbintang di Kawasan Jalan Bung Karno Purwokerto

Hindari Tempat Parkir Sepi dan Pasang Kunci Ganda

Hindari tempat sepi dan jauh dari keramaian. Jangan sekali-sekali kamu memarkir di tempat-tempat yang kemungkinan sekali sering terjadi pencurian di sana.

Apabila kamu main ke kost teman kamu, usahakan jangan parkir di depan jalan kost, minta izin kepada pihak kost untuk parkir di area kost.

Walau kamu telah tahu bagaimana mencari area parkir yang aman, jangan lupa untuk menambahkan keamanan ganda untuk motor kamu. Seperti menambahkan kunci ganda,, dengan tujuan meminimalisir adanya pencurian motor.

BACA JUGA:Marak Pencurian Motor, Begini Tips Memilih Tempat Parkir yang Aman!

 

BACA JUGA:Hati-hati, Mulai Bulan Depan Dinhub Terapkan Sanksi Gembok Kendaraan Bagi Pelanggar Parkir

Disarankan untuk kamu memakai kunci ganda dengan bahan baja tempa. Sebab, material ini dapat dikatakan yang paling kuat. Pasangkan kunci ganda ke cakram motor, agar tidak dapat digeser atau dipindahkan secara paksa.

Lalu pasanglah alarm keamanan di motor kamu. Sekarang banyak bengkel modifikasi motor yang bisa memasangkan sistem alarm keamanan di moto. Alarm keamanan dapat berfungsi ketika motor sedang dibobol paksa, maka sensor alarm akan berbunyi dengan keras.

Pilih Lokasi Parkir yang Ada Petugas Parkir

Pilihlah lokasi parkir yang selalu ramai ketika kamu ingin memarkir motor. Dan pastikan terdapat petugas parkir. Sebab adanya petugas parkir, motor kamu akan dijaga oleh tukang parkir, sehingga aman dari pencurian.

BACA JUGA:Curi Motor Yang Terparkir di Tepi Sawah, Lelaki di Kedungbanteng Dibekuk Polisi

BACA JUGA:Kawasan Baturraden Bakal Tambah Kantong Parkir Lagi

Dan usahakan cari tempat parkir yang petugas parkirnya memberikan karcis parkir. Dikarenakan ketika ingin keluar dari parkiran, harus menunjukkan karcis yang diberikan oleh petugas parkir. Maka orang yang akan mencuri motor anda akan sangat sulit.

Cari tempat parkir yang ada palang otomatis

Carilah parkir yang terdapat palang otomatisnya, seperti yang di atas. Ketika tidak ada karcis yang dikasih oleh petugas parkir, maka petugas parkir tidak bisa membukakan palang untuk kamu, dan pasti akan langsung disuruh menunjukkan surat-surat kendaraan motor tersebut. Itu sangat merepotkan ketika ada orang yang ingin mencuri motor.

Itulah tips-tips untuk memilih lokasi parkir yang aman. Mulai sekarang kita harus waspada dan berhati-hati kepada kendaraan dan barang kita dari kelakuan jahat orang lain. Tingkatkan waspada pada sekitar kita.

Dan selalu menerapkan keamanan lebih terhadap kendaraan transportasi kamu atau barang berharga yang dimiliki dari pencuri. Gunakan tips memilih parkir aman di atas, kalau kamu ingin motor aman dari kejadian pencurian motor. (raf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: