Ini Manfaat Tidur yang Cukup Bagi Tubuh, Memperbaiki Mood Hingga Menjaga Kesehatan

Ini Manfaat Tidur yang Cukup Bagi Tubuh, Memperbaiki Mood Hingga Menjaga Kesehatan

Manfaat Jika Kamu Mencukupi Kebutuhan Istirahat Atau Tidur -MensXP-

RADARBANYUMAS.DISWAY.CO.ID – Tidur merupakan kegiatan atau kebutuhan setiap manusia yang harus terpenuhi. Tidur sendiri tentu punya banyak manfaat yang terkadang kita pikir tidak penting.

Tidur tidak hanya menghilangkan rasa kantuk, banyak sekali manfaat ketika kalian mencukupi istirahat atau tidur. Terlebih lagi kurang tidur akan mempengaruhi kesehatann tubuh.

Manfaat yang diperoleh dengan tidur atau beristirahat dengan cukup sama seperti manfaat saat kita memiliki pola makan yang bagus. Tidur adalah kebutuhan dasar manusia.

Selain makan dan menghirup oksigen manusia juga butuh tidur setidaknya 7-9 jam sehari. Ini bisa  berubah sesuai dengan kebutuhan tiap individu.

BACA JUGA:Susah Tidur di Malam Hari? Mungkin ini Alasannya, dan Berikut Cara Mengatasinya

BACA JUGA:Bisa Tidur dan Nginap di Bawah Air Terjun

Kurangnya tidur atau begadang tentu akan mempengaruhi kalian. Salah satunya adalah membuat badan kalian terasa tidak nyaman, mata yang berat, dan sulit untuk berkonsentrasi.

Kurang tidur atau sering begadang juga dapat menyebabkan berbagai penyakit. Hal ini doeprkuat dengan studi yang banyak dilakukan oleh banyak orang mengenai kurangnya tidur.

Manfaat Tidur atau Istirahat yang Tercukupi

Banyak manfaat tidur ketika kalian mencukupi tidur kalian, di antaranya sebagai berikut:

1.Meningkatnya Konsentrasi dan Produktivitas

Dengan tercukupinya tidur akan meningkatkan konsentrasi kalian dan dengan meningkatnya konsentrasi tentunya akan berpengaruh dengan tingjat produktivitas kalian.

Dikarenakan tubuh kalian akan merasa nyaman dan berenergi karena tercukupinya tidur kalian. Tidur juga meningkatkan fungsi otak kalian yang akan membantu kalian untuk tetap focus dalam beraktivitas.

BACA JUGA:Lupa Sholat Karena Ketiduran, Bolehkah Dikerjakan Saat Bangun? Ini Tuntunan yang Dicontohkan Nabi Muhammad

BACA JUGA:Doa Sebelum Tidur dan Doa Bangun Tidur Beserta Artinya, Dilengkapi dengan Amalan

Menurut penelitian, orang yang kekurangan tidur biasanya akan cenderung lebih sulit beraktivitas karena mereka masih terasa lelah dan kurangnya konsentrasi yang akan menganggu kegiatan mereka.

2.Meningkatkan Suasana Hati (Mood)

Tidur tercukupi juga ternyata dipercaya meningkatkan suasanna hati atau mood kalian di hari itu. Dengan suasana hati yang bagus kalian pasti akan lebih siap menjalani aktivitas sehari-hari.

Diaat kita tidur otak akan memperoses emosi dan pikiran kita agar dapat bereaksi dengan baik.  Dimana hal inilah yang akan membuat suasana hati atau mood kita membaik di hari itu.

Suasana hati yang bagus akan membuat kita terhindar dari depresi dan kecemasan berlebihan yang tidak penting. Hal ini dibuktikan dengan penelitian kepada orang yang tidurnya tidak tercukupi.

BACA JUGA:CEK! 6 Risiko Terlalu Sering Begadang pada Malam Hari Bagi Tubuh

BACA JUGA:Buat yang Suka Begadang, Bisa Sebabkan Penyakit Ganas Hingga Turunkan Libido Loh...

Orang yang mengalammi insomnia atau sleep apnea memiliki risiko yang lebih besar terjadinya depresi dan cemas pada diri mereka. Itulah sebabnya kalian butuh tidur yang tercukupi.

3.Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat yang satu ini adalah meningkatnya daya ingat kita. Ini juga memudahkan kita dalam mengingat hal-hal yang kita lakukan secara detail.

Jika kalian kekurangan tidur hal ini akan membuat kalian susah fokus dan susah dalam menerima informasi baru. Hal ini tentu akan merugikan kalian jika kalian benar-berar melupakan sesuatu yang penting.

Maka dari itu kalian perlu tidur yang cukup untuk menghindari hal ini. Sehingga memudahkan kalian untuk mengingat sesuatu.

BACA JUGA:HUT ke 78, PMI Kabupaten Banjarnegara Dapat Kado Spesial

BACA JUGA:Pemeliharaan LPJU di Purbalingga Setahun Telan Rp 837 Juta

4.Meningkatkan Kekebalan Tubuh Kita

Tidur dan beristirahat yang tercukupi sangat berperan penting dalam kesehatan tubuh kita. Dengan tercukupinya tidur kita akan meningkatkan kekebalan tubuh kita.

Jika kita memiliki kekebalan tubuh yang bagus akan membuat tubuh kita susah untuk terkena infeksi dan penyakit lainnya.

Selain meningkatnya kekebalan tubuh. Tidur juga adalah salah satu obat terbaik saat kita sakit atau demam. Disaat demam tidur adalah obat terbaik yang dapat meredakan demam dengan cepat. Salah satu obat untuk menurunkan panas terbaik.

5.Dapat Mengontrol Gula Darah

Metabolisme yang baik karena tercukupinaya tidur akan membuat tubuh dapat mengontrol gula darah dengan baik. Karena gula yang terkontrol tentu saja akan menurunkan risiko kalian terkena diabetes.

Tadi adalah manfaat yang kalian dapatkan ketika tidur atau istirahat kalian tercukupi. Dengan tidur yang tercukupi akan membuat pola hidup kalian menjadi lebih bagus dan lebih sehat. (aru)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: