Pemeliharaan LPJU di Purbalingga Setahun Telan Rp 837 Juta

Pemeliharaan LPJU di Purbalingga Setahun Telan Rp 837 Juta

LPJU di Wilayah Kota dan sekitarnya yang ditanggung biaya pemeliharaannya oleh Dinhub Purbalingga.-AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Anggaran pemeliharaan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) Tahun 2023 Kabupaten PURBALINGGA mencapai Rp 837.653.000. Dinas Perhubungan Kabupaten PURBALINGGA menangani 1.131 unit PJU tenaga surya dan 10.264 unit PJU konvensional.

"Kami siapkan anggaran sebesar itu dan mencukupi dalam setahun. Hanya saja, untuk PJU tenaga surya sangat tinggi," kata Kabid Perhubungan Dinhub Kabupaten Purbalingga, Kuret Suratno, Selasa 19 September 2023.

BACA JUGA:Sopir Fortuner Dituntut Tujuh Tahun Enam Bulan Bui

BACA JUGA:Bisa Tidur dan Nginap di Bawah Air Terjun

Saat ini pemeliharaan sebatas pembersihan panel penangkap sinar surya/matahari. "Untuk kerusakan yang menyerang baterai kami akui anggarannya belum mencukupi. Karena harga baterai mahal. Kami sementara hanya pemeliharaan panel," tambahnya.

Ia mengakui,  LPJU TS membutuhkan penanganan khusus dibanding LPJU konvensional. Penanganan  dilakukan saat pemeliharaan panel, kebersihan panel dan fisik baterai di dekat tiang.

Sedangkan untuk LPJU konvensional Pemerintah Daerah juga dibebani tagihan rekening listrik ke PLN. Anggaran lebih dari Rp 1 miliar harus disediakan Pemkab Purbalingga melalui Dinhub. 

BACA JUGA: Dalam Rencana RDTR, 25 Persen Kawasan Perkotaan Ajibarang Banyumas Tidak Boleh Dialihfungsikan

BACA JUGA:Harga Beras di Cilacap Masih Tinggi, Dinas Klaim Stok Beras Aman

"Tagihan rekening listrik bulanan lampu konvensional tersebut sesuai meter yang ada dan rata-rata bulanan. Lalu kami bayarkan sesuai prosedur yang ada di Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Purbalingga," ujarnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: