Menggali Manfaat dan Risiko Tidur Setelah Olahraga, Apa Saja?

Menggali Manfaat dan Risiko Tidur Setelah Olahraga, Apa Saja?

Manfaat dan Risiko Tidur Setelah Olahraga-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tidur setelah olahraga memanglah mengasyikkan, karena tubuh yang lelah sering kali membuat kita merasa mengantuk yang amat sangat. 

Namun, dari sudut pandang medis, tidur setelah berolahraga memiliki manfaat tertentu, terutama dalam proses pemulihan tubuh. Di sisi lain, hal tersebut juga dapat menimbulkan dampak yang kurang menguntungkan.

Merasa mengantuk setelah berolahraga umumnya merupakan hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Fenomena ini bisa terjadi karena saat melakukan aktivitas fisik, otot-otot tubuh bekerja maksimal, sehingga setelahnya tubuh merasa lelah.

Biasanya, rasa kantuk dan keinginan untuk tidur setelah olahraga muncul ketika melakukan latihan dengan intensitas tinggi yang sebelumnya belum pernah atau sudah lama tidak dilakukan. Selain itu, kurangnya latihan fisik, kadar gula darah yang rendah, dehidrasi, dan berolahraga berlebihan juga dapat menyebabkan mengantuk pasca-olahraga.

BACA JUGA:5 Tips Ampuh Mencegah Mual Setelah Olahraga, Segera Terapkan!

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele, Ini 6 Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga

Manfaat Tidur setelah Olahraga

Bagaimana jika kita mengikuti rasa mengantuk tersebut dan tidur setelah berolahraga? Dari perspektif medis, tidur pasca-olahraga dapat memberikan beberapa manfaat yang baik, seperti:

1. Membantu pemulihan otot

Ketika tidur, tubuh melepaskan hormon pertumbuhan yang membantu memperbaiki dan membangun jaringan otot. Dengan tidur setelah olahraga, proses pemulihan otot dapat terjadi dengan lebih efisien, membuat otot-otot menjadi lebih santai.

2. Mengatasi kelelahan

Membiarkan tubuh beristirahat setelah berolahraga dapat membantu mengembalikan energi yang hilang, sehingga konsentrasi dan produktivitas dapat dipulihkan.

3. Meningkatkan fungsi kognitif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: