CEK! 6 Risiko Terlalu Sering Begadang pada Malam Hari Bagi Tubuh

CEK! 6 Risiko Terlalu Sering Begadang pada Malam Hari Bagi Tubuh

6 alasan kenapa begadang tidak baik-Merdeka.com-

RADARBANYUMAS.CO.ID - Kalian pasti pernah kan begadang? Tetapi kalian tahu nggak sih begadang memiliki banyak dampak negatif yang berisiko bagi tubuh jika dilakukan dalam jangka waktu panjang atau terus-menerus.

Normalnya manusia membutuhkan tidur setidaknya 6-9 jam sehari untuk mengistirahatkan tubuh. Waktu tidur setiap orang berbeda tergantung umur mereka, biasanya wkatu tidur anak-anak lebih lama daripada orang dewasa.

Kurang tidur juga dapat menyebabkan gangguan mental pada seseorang karena kurangnya istirahat. Karena kurangnya tidur, sel-sel di tubuh yang rusak tidak akan memiliki waktu untuk recovery (pemulihan), termasuk risiko menurunkan kinerja otak.

Orang yang bedagang sama saja seperti mengkomsumsi alkohol 5 persen, maka dari itu orang yang begadang biasanya akan lebih mudah terbawa emosi daripada biasanya.

Berikut 6 risiko bagi tubuh jika terlalu sering bedagang di malam hari:

BACA JUGA:Buat yang Suka Begadang, Bisa Sebabkan Penyakit Ganas Hingga Turunkan Libido Loh...

BACA JUGA:Truk Oleng, Tubruk 3 Motor dan 4 Mobil

1. Penurunan fungsi otak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika begadang akan menurunkan fungsi otak. Karena kita memaksa otak kita untuk terus aktif tanpa istirahat.

Dengan turunnya fungsi otak, akan menyebabkan pecahnya konsentrasi, kesusahan untuk memecahkan masalah yang seharusnya kita bisa pecahkan dengan mudah.

Dengan begitu akan meyusahkan diri kita sendiri dan membahayakan diri kita, termasuk orang lain.

2.Mudah lupa

Sebenarnya ini masih berhubungan dengan risiko pertama. Dampak begadang bisa membuat kita mudah lupa, dikarenakan kinerja otak kita yang melemah.

Tiba-tiba kalian lupa meletakkan kunci rumah kalian, padahal kunc-nya masih kalian pegang. Atau hal lain yang membuat kalian sulit mengingat hal-hal simpel.

3. Menurunnya sistem imunitas tubuh

Dikarenakan kalian begadang secara terus-menerus sistem imun tubuh kalian akan menurun. Hal itu terjadi karena kurangnya istrahat. Sehingga menyebabkan kalian akan mudah sakit karena tubuh kalian tidak bisa melawan virus.

Kalau kalian sakit itu tandanya tubuh kalian sedang tidak baik-baik saja.

BACA JUGA:Kasus Dugaan Geng Motor, Polisi Tetapkan Lima Tersangka

BACA JUGA:Antisipasi Kematian Ibu dan Bayi, Calon Pengantin Dibekali Kesehatan Reproduksi

4.Meningkatnya berat bedan

Orang yang sering begadang biasanya akan lebih sering makan. Karena tubuhnya membutuhkan energi lebih dari makanan akibat tubuh yang tidak dapat memulihkan energi dari tidur.

Hal ini akan menyebabkan pola makan tidak teratur dan menggangu metabolisme tubuh. Terganggunya metabolisme tubuh juga akan memperlambat pertumbuhan tubuh untuk para remaja, dan obesitas sendiri akan menumbuhkan penyakit lainnya.

Meski kalian beralasan bisa olahraga untuk menurunkan berat badan. Namun aktivitas seperti olahraga sekalipun akan sulit dilakukan jika tubuh tidak memiliki tenaga karena keseringan begadang.

5.Penuaan dini

Kalian tidak mau kan terlihat lebih tua dari umur kalian? Oleh karena itu hindari begadang di malam hari. Karena turunnya metabolisme tubuh dan rusaknya sel-sel pada tubuh akan membuat kulit kalian terlihat lebih kusam dan kering.

Begadang juga dapat menimbulkan jerawat pada wajah. Karena sel kulit tidak mendapat istirahat dengan benar dan kulit muka akan berasa kering karena begadang.

6.Mempunyai risiko terkena kanker

Ada penelitian yang menyebutkan orang yang begadang atau kurang tidur lebih berisiko akan terkena kanker dibandingkan orang yang tidak begadang atau tidurnya berkecukupan. Hal itu disebabkan karena stress dan rusaknya sel-sel tubuh yang menyebabkan kanker.

Setelah mengetahui risiko begadang malam pada tubuh, apakah kalian masih tetap ingin begadang? Bukan berarti tidak boleh begadang, alasan ini bertujuan agar kalian lebih bisa merawat tubuh kalian. Dengan begitu kalian bisa menjalani hidup yang lebih sehat.

Tidur adalah kenikmatan yang diberikan tuhan pada kita. Lalu kenapa kita tidak terima kenikmatan itu dengan tidur teratur. Walaupun terlalu banyak tidur juga tidak baik untuk tubuh, sesuatu yang berlebihan memang tidaklah baik. Tetaplah tidur secukupnya dan bangun secukupnya juga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: