Doa Sebelum Tidur dan Doa Bangun Tidur Beserta Artinya, Dilengkapi dengan Amalan

Doa Sebelum Tidur dan Doa Bangun Tidur Beserta Artinya, Dilengkapi dengan Amalan

Ilustrasi Membaca Doa --

Saat hendak melakukan segala aktivitas, Islam mengajarkan untuk selalu memulainya dengan doa. Hal tersebut merupakan wujud permohonan kita terhadap Allah SWT agar segala kegiatan kita dilancarkan dan dijauhkan dari mara bahaya.

Demikian juga saat akan tidur. Rasulullah SAW mengajarkan untuk selalu membaca doa sebelum tidur dan doa bangun dari tidur. 

Doa sebelum tidur adalah bentuk permohonan kita kepada Allah SWT agar senantiasa dilindungi dan dijauhkan dari marabahaya saat sedang tidur.

Sedangkan doa bangun tidur adalah bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT karena telah diberi kesempatan untuk bisa bangun dari tidur tanpa kurang suatu apa. Sehingga kita bisa memulai hari untuk menjalankan aktivitas seperti biasanya.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al Quran Surah Ghafir ayat 60 yang artinya, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk Neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Oleh sebab itu biasakanlah berdoa setiap kali sesuai dengan yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. 

Berikut adalah doa dan amalan yang diajarkan oleh Rasulullah untuk dibaca sebelum tidur dan setelah bangun dari tidur seperti dilansir dari NU Online.

Saat hendak tidur, doa yang dibaca adalah sebagai berikut:

Doa Sebelum Tidur

Dalam kitab Al-Adzkar karya Syaikh Abu Zakariya Muhyiddin an-Nawawi tertulis bahwa doa yang dibaca Rasul sebelum tidur adalah sebagai berikut:

بِاسْمِكَ اللهُمَّ أَحْيَا وَأَمُوْتُ

Bismika allahumma ahyaa wa bismika amuut.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang menghidupkan dan mematikan."

Amalan Sebelum Tidur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: