Antisipasi Golput, KPU Banyumas Sosialisasi Pemilih Pemula di 27 Sekolah 27 Kecamatan

Antisipasi Golput, KPU Banyumas Sosialisasi Pemilih Pemula di 27 Sekolah 27 Kecamatan

Simulasi pencoblosan kepada pemilih pemula oleh KPU Banyumas, Senin (4/9).-KPU BANYUMAS UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - KPU Banyumas melakukan sosialisasi kepada calon pemilih yang baru kali pertama memilih pada pemilu 2024. Sosialisasi KPU Bnayumas dilakukan di 27 sekolah di 27 Kecamatan di Banyumas, Senin (4/9).

Divisi Teknis Penyelenggaran Pemilu KPU Banyumas Hanan Wiyoko mengatakan hari ini serentak sosialisasi dilakukan di 27 sekolah di 27 kecamatan.

"Inti dari sosialisasi tersebut adalah agar mereka tau mengenai tanggal pemungutan suara, 5 jenis pemilihan, tata cara, serta ajakan menjadi pemilih cerdas," tuturnya.

Menurutnya, pemilih pemula di Kabupaten Banyumas cukup banyak, sehingga perlu dilakukan sosialisasi tersebut. Hal tersebut juga sebagai upaya meminimalisir pemilih pemula yang tak menggunakan hak pilihnya atau golput.

BACA JUGA:Buntut Tenggelamnya Tiga Remaja di Kubangan Eks Galian Batu di Banyumas, Polisi Periksa Empat Orang

BACA JUGA:Dindukcapil Banyumas Kejar Target 34.906 Perekaman KTP Jelang Pemilu

"Untuk potensi golput ada, maka sosialisasi ini kami mengajak para pemilih pemula untuk menggunakan hak pilih," tuturnya.

Sebelumnya disampaikan oleh Divisi Perencanaan Data dan Informasi (Rendatin) KPU Banyumas yang saat ini menjabat sebagai Plt Ketua KPU Banyumas, Khasis Munandar mengatakan bahwa pemilih pemula mencapai 20 persen dari jumlah pemilih yang ada di Banyumas.

"Data sementara untuk daftar pemilih, untuk pemilih pemula yang masuk dalam klasifikasi usia Gen Z atau tahun lahir 1997-2007 sebanyak 277.529 pemilih atau 20 persen dari pemilih yang ada," tandasnya. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: