Jadi Tempat Wisata Edukasi, Museum Wayang Banyumas Banyak Didatangi Pelajar dan Mahasiswa

Jadi Tempat Wisata Edukasi, Museum Wayang Banyumas Banyak Didatangi Pelajar dan Mahasiswa

Mahasiswa dan siswa koordinasi untuk saling menjadi narasumber, Kamis (6/7) saat berkunjung dalam rangka mengerjakan tugas di Museum Wayang Banyumas.-Fijri Rahmawati/Radar Banyumas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Museum Wayang Banyumas menjadi tempat wisata edukasi. Bahkan kerap menjadi tujuan pelajar dan mahasiswa untuk memperoleh informasi terkait perwayangan.

Seperti belum lama ini. Museum Wayang Banyumas kedatangan rombongan untuk tugas Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka.

Staf Pengelola Museum Wayang Banyumas, Trijono Indra menuturkan, kunjungan ke museum di momen libur Idul Adha hingga saat ini diantaranya perantau yang mudik.

BACA JUGA:Jauh dari Lampung, Penasaran dengan Museum Wayang Banyumas

"Orang lokal sekitar sini yang merantau, mudik jalan-jalan ke komplek kecamatan mampir museum," ujar Indra, Kamis (6/7).

Meski dalam masa liburan sekolah, sebagai wisata edukasi, Museum Wayang Banyumas masih menjadi tujuan pelajar (siswa) dan mahasiswa untuk menggarap tugas. Hampir setiap hari selalu ada yang datang.

"Walau tidak banyak, tapi pengunjung ada terus, mahasiswa skripsi misalnya," imbuh Indra.

BACA JUGA:Viral! Wanita di Banyumas Ini Make Up Sendiri di Hari Pernikahannya, Hasilnya Bikin Pangling

Ada hal unik yang terjadi diantara sesama pengunjung museum. Seorang mahasiswa sedang proses skripsi datang dalam waktu bersamaan dengan dua orang siswa yang menggarap karya ilmiah untuk lomba.

Lalu, mereka saling menjadi narasumber untuk bahan tugasnya masing-masing. Staf Museum Wayang Banyumas yang sekaligus sebagai pemandu wisata melakukan pendampingan. Sehingga, apabila ada kekurangan informasi dapat langsung menambahkan.

"Jadi, ada pengunjung tertentu tidak hanya sekedar mengerjakan tugas kuliah atau sekolah. Juga, sekaligus melatih mental dengan saling menjadi narasumber," tandas Indra. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: