Atasi Sendiri! Tips Mengatasi Suara Kasar pada Mesin Motor Matic, Menjaga Performa Mesin dan Kenyamanan

Atasi Sendiri! Tips Mengatasi Suara Kasar pada Mesin Motor Matic, Menjaga Performa Mesin dan Kenyamanan

Atasi Sendiri! Tips Mengatasi Suara Kasar pada Mesin Motor Matic, Menjaga Performa Mesin dan Kenyamanan-wahana honda-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tips mengatasi suara kasar pada mesin motor matic, berguna untuk menjaga performa mesin dan kenyamanan berkendara. Sehingga pengendara dapat menikmati perjalanan, yang lebih menyenangkan dan bebas rasa khawatir.

Pernahkah kamu mengalami momen, saat motor matic kesayanganmu tiba-tiba mengeluarkan suara kasar saat digeber? Rasanya pasti langsung panik kan? Apalagi kalau suara itu muncul saat kamu sedang terburu-buru.

Tenang aku juga pernah mengalaminya! Tapi jangan khawatir, karena masalah ini biasanya bisa diatasi sendiri.

Suatu hari saat aku hendak pergi ke kantor, motor maticku tiba-tiba mengeluarkan suara kasar yang sangat mengganggu. Awalnya aku kira hanya masalah kecil seperti oli habis atau ban kempes, tapi setelah aku periksa semuanya normal.

BACA JUGA:MENGINTIP! Kecanggihan Motor Matic NMAX 160 Keluaran Terbaru, Raja Skutik Maxi di Indonesia.

BACA JUGA:MANTAP! Keunggulan Menggunakan Motor Matic untuk Kehidupan Sehari-Hari, Masa Depan Penuh Optimisme

Karena panik dan tidak ingin terlambat ke kantor, aku pun nekat membawa motor ke bengkel terdekat. Di bengkel mekaniknya bilang kalau suara kasar itu, kemungkinan besar berasal dari roller CVT yang sudah aus.

Tanpa pikir panjang, langsung deh aku ganti rollernya. Dan taraaa! Suara kasar itu pun hilang, motor maticku kembali senyap dan nyaman dikendarai.

Pengalaman ini mengajari aku bahwa tidak semua masalah motor matic, harus dibawa ke bengkel.Ada beberapa masalah ringan yang bisa kita atasi sendiri di rumah.

Nah berdasarkan pengalamanku, aku ingin berbagi tips mengatasi suara kasar pada mesin motor matic. Karena suara mesin motor matic yang halus dan senyap, tentu menyenangkan telinga pengendaranya.

BACA JUGA:WAJIB TAU! Cara Memilih Ban Motor yang Tepat untuk Motor Matic, Berkendara lebih Optimal dan Menyenangkan

BACA JUGA:MENARIK! Perbandingan Motor Matic Beat Karburator dan Beat Injeksi, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Sebaliknya mendengar suara kasar yang muncul saat berkendara bisa sangat mengganggu, selain itu suara ini juga bisa menjadi indikasi adanya masalah pada mesin.

Dalam beberapa situasi Anda bisa melakukan perbaikan sederhana sendiri di rumah, namun penting untuk diingat bahwa langkah-langkah ini hanya berlaku untuk masalah ringan. Jika suara kasar yang muncul disertai gejala lain yang lebih serius, seperti mesin brebet atau kehilangan tenaga.

Sebaiknya langsung periksakan motor Anda ke bengkel, agar masalah dapat ditangani dengan tepat oleh mekanik profesional. Berikut beberapa tips mengatasi suara kasar pada mesin motor matic:

1. Cek dan Ganti Oli Mesin Secara Rutin

Oli mesin memiliki peran vital dalam menjaga performa mesin motor Anda. Oli berfungsi melumasi komponen mesin agar bergerak lancar, mengurangi gesekan, dan menjaga suhu mesin tetap stabil.

BACA JUGA:Cara Simple Menggunakan Standar Tengah Motor Matic

BACA JUGA:7 Tips Agar Tarikan Gas Motor Matic Kamu Menjadi Enteng



Oli yang kotor atau ketinggiannya tidak sesuai anjuran dapat menyebabkan beberapa masalah, termasuk suara gesekan yang berisik pada mesin. Untuk mengatasi hal ini pastikan Anda menggunakan oli yang sesuai, dengan spesifikasi mesin motor Anda.  

Umumnya pabrikan motor akan memberikan rekomendasi jenis oli yang tepat untuk digunakan, selain itu lakukan penggantian oli secara rutin. Jarak tempuh penggantian oli biasanya bervariasi, tergantung dari penggunaan motor dan kualitas oli itu sendiri.

Biasanya pabrikan memberi saran penggantian oli setiap 2.000-4.000 km. Jangan abaikan jadwal penggantian oli karena oli yang sudah terlalu lama digunakan, akan kehilangan kemampuannya untuk melumasi dan melindungi mesin.

Sehingga memicu munculnya suara kasar, yang dapat menggangu saat berkendara menggunakan motor matic Anda.

2. Kencangkan Baut-baut yang Mengendur

Baut yang longgar pada body dan mesin motor, bisa menjadi penyebab munculnya suara getaran dan dengungan yang mengganggu. Lakukan pemeriksaan menyeluruh pada seluruh baut motor, terutama di area CVT (Continuously Variable Transmission), kipas pendingin, dan body motor.  

BACA JUGA:Ternyata Ini Alasan Motor Matic Scoopy Digemari Para Wanita!

BACA JUGA:Mau Liburan Ke Dieng, Kopeng, dan Telomoyo? Inilah Motor Matic Terbaik untuk Liburan ke Dataran Tinggi

Jika Anda menemukan baut yang kendor, gunakan kunci pas yang sesuai untuk mengencangkannya kembali. Namun berhati-hatilah saat mengencangkan baut dan jangan sampai berlebihan, karena bisa menyebabkan drat baut menjadi rusak.

3. Periksa Kondisi Roller CVT

Roller merupakan komponen berbentuk bulat yang berada di dalam CVT, fungsinya  meneruskan tenaga mesin ke roda belakang melalui tekanan sentrifugal. Roller yang aus atau rusak akan menyebabkan tarikan gas terasa berat, getaran pada mesin, dan suara kasar saat akselerasi.

Untuk mengatasi masalah ini lakukan pemeriksaan pada roller secara berkala, sesuai dengan petunjuk perawatan dari pabrikan. Biasanya roller perlu diganti jika sudah peyot, aus, atau permukaannya tidak lagi rata.  

Gunakan suku cadang roller yang asli dan berkualitas, untuk memastikan performa dan ketahanan CVT tetap optimal.

4. Bersihkan CVT Secara Berkala

Sistem CVT yang kotor akibat debu dan kerak, dapat menyebabkan suara kasar pada mesin dan penurunan performa motor secara keseluruhan. Untuk menjaga kebersihan CVT, lakukan pembersihan secara berkala.

BACA JUGA:7 Motor Matic yang Cocok Banget untuk Ojek Online

BACA JUGA:7 Pilihan Motor Matic yang Cocok Untuk Anak Muda, STYLISH dan TRENDY

Anda bisa menggunakan kompresor angin bertekanan rendah, untuk meniup debu dan kotoran yang menempel pada komponen CVT.  Namun jika Anda tidak memiliki kompresor angin, Anda juga bisa membersihkannya menggunakan kain lap bersih yang  tidak berbulu.

Perlu diingat pembersihan CVT membutuhkan kehati-hatian dan ketelitian. Sebelum membuka CVT pastikan Anda sudah mengetahui prosedur pembongkaran yang benar, agar tidak merusak komponen di dalamnya.   

Jika Anda merasa kurang percaya diri, ada baiknya menyerahkan tugas pembersihan CVT ke bengkel langganan Anda.

5. Gunakan Bahan Bakar yang Berkualitas

Bahan bakar yang tidak sesuai rekomendasi pabrikan atau memiliki kualitas rendah, dapat menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna di ruang mesin. Hal ini bisa menimbulkan kerak pada komponen mesin, sehingga berdampak pada munculnya suara kasar dan penurunan performa mesin.

BACA JUGA:5 Bagian Motor Matic yang Sering Rusak dan Cara Cepat Mengatasinya

BACA JUGA:6 Tips Memilih Bengkel yang Terbaik untuk Servis Motor Matic

Untuk menghindarinya masalah ini, selalu gunakan bahan bakar yang berkualitas dari SPBU terpercaya. Selain itu pastikan oktan bahan bakar yang Anda gunakan, sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrikan motor Anda.

6. Hindari Kebiasaan Membawa Beban Terlalu Berat

Motor matic dirancang untuk penggunaan sehari-hari dengan kapasitas muatan tertentu, membawa beban terlalu berat  akan memaksa mesin bekerja lebih keras dari biasanya.  Hal ini berdampak pada peningkatan gesekan antar komponen mesin, yang pada akhirnya dapat menimbulkan suara kasar dan getaran yang lebih besar.

Selain itu membawa beban berlebih yang dapat membuat tarikan mesin menjadi berat, boros bahan bakar, dan mengurangi usia pakai komponen mesin seperti kampas kopling dan v-belt.  Oleh karena itu sebisa mungkin hindari membawa beban, yang melebihi batas maksimal yang dianjurkan oleh pabrikan motor Anda.

7. Servis Rutin adalah Keharusan

Servis rutin di bengkel resmi atau bengkel terpercaya, merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan mesin motor Anda. Sehingga mampu mencegah terjadinya kerusakan yang lebih serius pada motor matic Anda.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: