Jelang Idul Adha, Dewan Minta Pemkab Purbalingga Antisipasi Penyakit Hewan Ternak

Jelang Idul Adha, Dewan Minta Pemkab Purbalingga Antisipasi Penyakit Hewan Ternak

Pemeriksaan hewan ternak sapi oleh petugas dari Dinpertan Kabupaten Purbalingga. (Aditya/Radarmas)--

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - DPRD Kabupaten Purbalingga meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga untuk mengantisipasi penyakit pada hewan ternak.

Sebab, kebutuhan hewan ternak menjelang Hari Raya Idul Adha akan naik. Terutama hewan ternak sapi untuk murban meningkat tajam.

Ketua Fraksi Amanat Nasional (FAN) DPRD Kabupaten Purbalingga Setiyani Rahayu mengatakan hal tersebut, Kamis, 22 Juni 2023.

"Beberapa hal yang harus diantisipasi adalah adanya Penyakit pada hewan ternak," kata Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

BACA JUGA:RTH Kota Purbalingga Terpenuhi, Ini Rinciannya

Dia berharap, dengan persiapan dan langkah yang tepat dari pemerintah daerah bisa meminimalisir dampak buruknya.

Sementara itu, Dinas Pertanian (Dinpertan) Kabupaten Purbalingga, bakal turun memeriksa hewan kurban, yang dijual menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H.

Kepala Dinpertan Kabupaten Purbalingga Mukodam mengatakan, pemeriksaan dilakukan untuk mengecek kesehatan hewan kurban agar layak konsumsi.

"Kami akan melaksanakan pelayanan pemeriksaan kondisi hewan kurban secara gratis," ujarnya.

Dia menjelaskan, dengan pemeriksaan yang dilakukan, seluruh hewan kurban yang dijual di Kabupaten Purbalingga dalam kondisi sehat dan tidak terjangkit penyakit.

BACA JUGA:Dituntaskan, Beras Bantuan Pangan Tahap Tiga Berakhir

"Tujuan, untuk memastikan kualitas hewan kurban, serta dagingnya layak untuk kurban," katanya.

Dia menambahkan, tim dari Dinpertam akan mendatangi kandang-kandang peternak yang ada di Kabupaten Purbalingga. Selain itu, juga melakukan pelayanan pemeriksaan kesehatan di pasar hewan Purbalingga.

Tak hanya itu, saat Hari Raya Idul Adha, para dokter hewan, medic vetetiner dan PPL juga akan melakukan pemeriksaan hewan kurban di Purbalingga sebelum dan sesudah pemotongan.

"Juga nantinya, memeriksa kesehatan hewan di masjid dan melakukan pengecekan daging, setelah dilakukan pemotongan," ujarnya. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: