Harga Domba dan Kambing Masih Stabil Meski Permintaan Mulai Meningkat Jelang Hari Raya Kurban

Harga Domba dan Kambing Masih Stabil Meski Permintaan Mulai Meningkat Jelang Hari Raya Kurban

Ramai : Pasar Hewan Purbalingga saat hari pasaran Senin dan Kamis.-Dok Amarullah Nurcahyo/Radarmas-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Lebaran haji atau biasa di sebut hari raya Idul Kurban kurang dari sebulan lagi. Meski sudah ramai di Pasar Hewan Purbalingga, namun belum terpantau adanya kenaikan harga hewan kurban seperti domba dan kambing.

Kepala Bidang Pasar Dinperindag Kabupaten Purbalingga, Edy Suwarno, Minggu 19 Mei 2024 menjelaskan, harga kambing masih seperti biasa, tergantung jenis dan ukuran. Biasanya kenaikan signifikan dimulai kurang dari 2 pekan.

"Kepala Pasar Hewan Purbalingga akan melaporkan situasi harga hewan ternak di pasar secara kontinyu. Termasuk jika ada proses vaksin hewan," tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, jika dilihat dari siklus atau data kurban tahun- tahun sebelumnya, jumlah kambing kurban atau yang dipotong kisaran 5.000 ekor dan domba kisaran 500 ekor.

BACA JUGA:Hujan Sudah Mulai Jarang, BPBD Kabupaten Purbalingga Belum Dapatkan Permintaan Bantuan Air Bersih

BACA JUGA:Jelang Hari Raya Kurban, Tetap Waspada PMK dan Cacar Sapi

Pihaknya juga siap menerima penahanan pra idul kurban dari dinas terkait. Termasuk jika ada sapi yang akan divaksin. Lalu saat pengecekan hewan kurban secara insidental di pasar oleh Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga.

Untuk diketahui, hari pasaran di Pasar Hewan Purbalingga yaitu Senin dan Kamis. Jika pasaran tiba, maka hewan ternak seperti kambing, domba, ayam dan lainnya tersedia. Khusus untuk unggas seperti ayam, burung dan jenis lain, buka setiap hari. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: