Kepastian Vaksinasi Meningitis Calon Haji Tunggu Kemenkes

Kepastian Vaksinasi Meningitis Calon Haji Tunggu Kemenkes

ILUSTRASI Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banyumas-yudha Iman Primadi/Radarmas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Calon haji Kabupaten Banyumas diminta menunggu terkait kepastian vaksinasi Meningitis dari Kemenkes RI.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Banyumas, Sito Hatmoko, SKM MKM mengatakan, sampai hari ini untuk kebijakan vaksinasi Meningitis dari Kemenkes RI belum ada.

Jika informasi bahwa vaksinasi Meningitis tidak diwajibkan bagi calon haji benar, artinya calon haji tidak perlu vaksinasi Meningitis.

BACA JUGA:Begini Kronologi Pembonceng Tewas Terlindas Truk di Depan SMPN 1 Kembaran

"Tetapi karena belum ada informasi resmi, untuk vaksin Meningitis tetap menunggu kebijakan dari pusat," katanya dalam rakor verifikasi data calon haji tahun 1444 H/2023 di KanKemenag Bangumas, Selasa (7/2).

Sito menjelaskan, pihaknya melalui puskesmas saat ini mulai melaksanakan tahapan-tahapan persiapan haji yaitu sosialisasi dan pemeriksaan.

Untuk selanjutnya bakal dilakukan pembinaan kesehatan terhadap calon haji.

BACA JUGA:Pemkab Banyumas Buka Lebar Pihak Swasta Untuk Kolaborasi Pengembangan Kapal Wisata Sungai Serayu

Dengan tidak adanya pembatasan usia calon haji, menjadi konsen kesehatan agar calon haji bisa berangkat dengan sehat dan mandiri.

"Targetnya calon haji tidak membutuhkan pendampingan. Tanggung jawab kita bersama menyiapkan calon haji menjadi mampu dalam hal kesehatan," ingatnya. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: