Odong-Odong Dilarang Mangkal dan Bawa Penumpang Di Jalan Raya

Odong-Odong Dilarang Mangkal dan Bawa Penumpang Di Jalan Raya

Salah satu odong-odong tampak menunggu penumpang yang mencarternya untuk menjenguk orang sakit di Cilongok. (Yudha Iman Primadi/Radarmas)--

BANYUMAS - Paguyuban Odong-Odong Cilongok tegas melarang anggotanya untuk tidak membawa penumpang di jalan raya dan mangkal. Hal tersebut dinilai dapat mengganggu penumpang untuk angkutan umum atau mikro bus.

 

Ketua Paguyuban Odong-Odong Cilongok, Bontet mengatakan untuk aturan disepakati odong-odong tidak boleh membawa penumpang di jalan raya. Odong-odong juga tidak boleh mangkal menunggu penumpang seperti di sekolah.

 

"Intinya odong-odong tidak boleh mengganggu penumpang untuk angkutan umum atau mikro bus," katanya ditemui Radarmas, Kamis (2/2).

 

Bontet menjelaskan jika ada anggota yang melanggar aturan yang telah disepekati tersebut, dari paguyuban tidak bisa berbuat banyak jika muncul protes dari sopir angkutan umum, mikro atau masyarakat.

 

"Odong-odong hanya membawa penumpang dari desa. Itu pun karena ada pesanan," terangnya.

 

Terkait adanya odong-odong yang terlihat melintas di jalan raya, hal tersebut dimungkinkan saat odong-odong hanya akan menyebrang dari satu desa ke desa lain.

 

"Itu masih sangat wajar," pungkas Bontet. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: