Pekan Depan Ke Jakarta, Perangkat Desa Desak Adanya NIPD

Pekan Depan Ke Jakarta, Perangkat Desa Desak Adanya NIPD

Para perangkat desa baru saat mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas, akhir Desember 2022 lalu.-DOK.AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Aparatur pemerintah desa, yaitu perangkat desa, berencana ke Jakarta untuk menghadiri Silaturahmi perangkat desa Indonesia (Silatnas PPDI).

Mereka bakal membanjiri Jakarta, termasuk dari PPDI Kabupaten Purbalingga.

Para perangkat desa sepakat mendesak Kementerian Dalam Negeri menerbitkan Nomor Induk Perangkat Desa (NIPD) agar semakin valid data perangkat desa di Indonesia.

BACA JUGA:Cari Biawak, 2 Pemuda Ditemukan Meninggal di Bendungan Menganti Kedungreja

Ketua PPDI Kabupaten Purbalingga, Sakhuri mengungkapkan, rencana Selasa 24 Januari 2023, dirinya dan ratusan perangkat desa se Kabupaten Purbalingga bakal rombongan berangkat dari seputar Alun-alun Purbalingga.

“Ada sejumlah tuntutan kami kepada pemerintah. Namun bukan ikut-ikutan minta masa jabatan 9 tahun seperti Kepala Desa yang juga belum lama melakukan aksi di Jakarta. Ada tuntutan lain selain NIPD dan revisi sejumlah regulasi,” katanya, Minggu 22 Januari 2023.

Menurutnya, sesuai arahan PPDI pusat, adanya NIPD juga dalam upaya menguatkan kedudukan Perangkat Desa sebagai bagian dari penyelenggara Pemerintahan, dan pentingnya Administrasi Pemerintahan Desa.

BACA JUGA:Buntut Penyerangan SMK Komputama, Polisi Tetapkan 5 Tersangka

“Maka kami mendesak kepada Pemerintah, melalui Kemendagri agar segera menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri tentang NIPD itu,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, perangkat desa juga tetap mempertahankan tanah bengkok desa sebagai tambahan penghasilan.

Lalu masa jabatan tetap 60 tahun maksimal.

BACA JUGA:Rayakan Imlek, Doa Bersama dan Berkumpul dengan Keluarga

Pihaknya menegaskan, pemerintah harus memfasilitasi aspirasi para perangkat desa ini.

“Kami rencana berangkat Selasa 24 Januari dan jika berkenan, Bupati Purbalingga akan melepas rombongan kami ke Jakarta,” katanya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: