Penyebab Baterai Motor Listrik Rusak dan Tidak Bisa Dicas

Penyebab Baterai Motor Listrik Rusak dan Tidak Bisa Dicas

Penyebab dan alasan mengapa baterai motor listrik anda rusak sehingga tidak bisa dicas.-Fahma Ardiana-

Ini seperti menggunakan pengisi daya Frog untuk mengisi baterai ponsel lama Anda. Seperti namanya, pengisian lambat membutuhkan waktu yang sangat lama, sekitar 12 jam hingga sehari tergantung kapasitas. 

Pengguna yang mengalami situasi ini tidak perlu terlalu khawatir. Tegangan rendah bukanlah masalah serius yang dapat menyebabkan kerusakan permanen, namun prosedurnya rumit.

BACA JUGA:CEK! Beginilah Tips Merawat Motor Listrik yang Benar

BACA JUGA:AWAS!!! Inilah 4 Kesalahan Saat Membeli Motor Listrik

Bongkar sepeda motor listrik, lalu keluarkan baterai dan isi daya secara bertahap hingga terisi penuh. Pengisian lambat memerlukan alat khusus sehingga tidak bisa dilakukan di rumah juga.

Harganya sangat masuk akal mengingat besarnya biaya untuk menangani masalah seperti ini. Biasanya harganya Rp 150.000 cukup untuk membayar biaya jasa yang sudah termasuk pembongkaran, pengisian penuh, dan perakitan.

Selain itu, ada beberapa kebiasaan kecil yang bisa cepat merusak aki sepeda motor listrik Anda. Kebiasaan kecil yang bisa cepat merusak aki sepeda motor listrik adalah terlalu sering menggunakannya hingga aki mati.

Agar baterai sepeda motor listrik tidak cepat rusak, gunakan sepeda motor listrik hanya jika kapasitas baterainya kurang dari 20%. Alasannya adalah merusak sel baterai dan mempercepat kerusakan baterai.

BACA JUGA:Tips Hemat Baterai Motor Listrik Saat Berkendara

BACA JUGA:Cara Mudah Merawat Motor Listrik

Oleh karena itu, saat menggunakan sepeda motor listrik, disarankan untuk mengisi baterai sebelum kapasitasnya turun di bawah 20%.

Omong-omong, aki sepeda motor listrik dirancang untuk 1.000 siklus dan biasanya bisa digunakan selama 4 hingga 5 tahun.

Namun, seringnya mengisi daya baterai berkapasitas rendah dapat memperpendek masa pakai baterai. Baterai dapat rusak atau habis dalam jangka waktu 2-3 tahun.

Selain itu, sepeda motor konvensional cepat kehabisan bahan bakar saat melaju dengan kecepatan tinggi. Pada sepeda motor listrik, baterai melepaskan energi maksimumnya pada kecepatan maksimum, sehingga menghabiskannya dengan cepat.

BACA JUGA:HATI-HATI ! Ini Penyebab Motor Listrik Bisa Terbakar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: