4 Pilihan Motor Matic Bermesin Besar untuk Touring, Ciptakan Kenyamanan dalam Perjalanan Jauh

4 Pilihan Motor Matic Bermesin Besar untuk Touring, Ciptakan Kenyamanan dalam Perjalanan Jauh

4 Pilihan Motor Matic Bermesin Besar untuk Touring, Ciptakan Kenyamanan dalam Perjalanan Jauh-wahana honda-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pilihan motor matic bermesin besar untuk touring dapat menjadi referensi Anda, yang ingin menjelajahi berbagai tempat dengan penuh petualangan.

Touring selalu menjadi impianku sejak lama dengan bayangan menjelajahi jalanan baru, menikmati pemandangan alam yang indah. Serta merasakan sensasi kebebasan berkendara jarak jauh, selalu membangkitkan semangatku.

Akhirnya mimpiku terwujud! Kesempatan emas datang saat aku, mendapatkan libur panjang akhir tahun. Tanpa ragu aku putuskan untuk menjelajahi keindahan alam kotaku, dengan menunggangi Honda PCX 160 kesayanganku.

Persiapan matang menjadi kuncinya Aku cek kondisi motorku secara menyeluruh, memastikan ban dalam keadaan baik, oli terisi penuh, dan rem berfungsi optimal. Tidak lupa aku siapkan perlengkapan touring seperti jaket, helm, sarung tangan, dan sepatu yang nyaman.

BACA JUGA:Perbandingan Keunggulan Motor Matic PCX 160 dan Nmax 155, Mana yang Lebih Baik untuk Anda?

BACA JUGA:Waspada! Penyebab Motor Matic Turun Mesin yang Wajib Diketahui Pengendara

Rasa gugup dan antusias bercampur aduk saat aku memulai perjalananku, langit biru cerah menyambutku di pagi hari. Angin sepoi-sepoi menemani setiap tikungan yang aku lalui.

Pemandangan sawah yang hijau membentang luas memanjakan mata, sesekali aku berhenti di beberapa tempat untuk mengabadikan momen indah ini. Perjalanan ini bukan hanya tentang menaklukkan jarak, tetapi juga tentang menikmati setiap momen.

Aku singgah di beberapa tempat wisata menarik seperti pantai, yang terkenal dengan pasir hitamnya yang unik dan air terjun yang menyegarkan. Di setiap tempat aku selalu bercengkrama dengan penduduk lokal, yang ramah dan bersahabat.

Pengalaman touring ini memberikan banyak pelajaran berharga bagiku. Aku belajar tentang arti kesabaran, ketekunan, dan rasa syukur atas keindahan alam yang luar biasa.

BACA JUGA:8 Masalah Umum yang Sering Terjadi di Motor Matic Beserta Solusinya

BACA JUGA:6 Kekurangan Motor Matic yang Perlu Diketahui

Touring ini juga mempererat hubunganku dengan PCX 160 yang setia menemani perjalananku, kini aku tak sabar untuk menanti petualangan touring selanjutnya. Dengan tekad dan persiapan yang matang, aku yakin akan ada banyak cerita menarik yang menanti di balik setiap tikungan.

Touring menjadi impian banyak pecinta otomotif dengan melintasi jalanan berkelok, menikmati pemandangan alam yang memanjakan mata, dan merasakan kebebasan berkendara jarak jauh.  Namun memilih kendaraan yang tepat, untuk touring menjadi pertimbangan penting.

Motor matic menawarkan beberapa keunggulan dibanding motor sport touring, seperti kemudahan dalam berkendara dan perawatan yang lebih simpel. Serta bagasi yang biasanya lebih luas untuk membawa barang bawaan.

4 Pilihan Motor Matic Bermesin Besar untuk Touring

Berikut adalah beberapa pilihan motor matic bermesin besar untuk touring dengan nyaman, diantaranya:

1. Honda Forza 250

Honda Forza 250 layak mendapat julukan raja jalanan untuk kategori motor matic touring.  Dengan mesin 250cc 1-silinder berpendingin cairan, skuter matic bongsor ini menawarkan performa yang bertenaga.  

BACA JUGA:6 Pilihan Motor Matic yang Nyaman untuk Temani Touring, Perjalanan Jauh akan Lebih Menyenangkan

BACA JUGA:5 Tips Membeli Motor Matic Vespa Bekas yang Harus Diperhatikan



Dapur pacunya mampu menghasilkan tenaga 23 hp pada 7.000 rpm, dan torsi 24 Nm pada 6.500 rpm. Tak hanya itu Forza 250 juga dibekali fitur-fitur canggih, yang menunjang keamanan dan kenyamanan berkendara jarak jauh.

Suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang ganda memastikan handling yang stabil, dan nyaman saat melibas berbagai kondisi jalan. Sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System) memberikan daya cengkeram optimal, dan mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak.  

Fitur traction control turut menjaga kestabilan motor, terutama di jalanan licin.  Lampu LED yang terang di bagian depan dan belakang, menjamin visibilitas optimal saat berkendara malam hari.

Sebagai motor matic touring bagasi yang luas tentunya menjadi nilai penting. Honda Forza 250 menawarkan bagasi dengan kapasitas mencapai 48 liter, cukup untuk menampung helm full-face ganda dan perlengkapan touring lainnya.

2. Yamaha XMAX 250

Yamaha XMAX 250 hadir sebagai pesaing kuat, Honda Forza 250 di segmen motor matic touring. Ditenagai mesin 250cc 4-katup SOHC berpendingin cairan, XMAX 250 mampu menghasilkan tenaga 22,6 hp pada 7.000 rpm dan torsi 24,3 Nm pada 6.500 rpm.

BACA JUGA:HARUS DIPAHAMI ! Inilah 8 Tips Membeli Motor Matic Honda Scoopy Bekas

BACA JUGA:Mengenal CFMoto 150SC, Motor Matic Terbaru dari China yang Jadi Saingan NMAX dan PCX

Performa mesin ini tak perlu diragukan lagi untuk melahap perjalanan jauh, kenyamanan berkendara juga menjadi fokus utama Yamaha pada XMAX 250. Suspensi teleskopik di bagian depan dan suspensi ganda di bagian belakang, menyerap benturan dengan baik membuat perjalanan terasa lebih nyaman.  

Tak ketinggalan fitur-fitur canggih seperti rem ABS, traction control, dan lampu LED turut melengkapi XMAX 250. Meski sama-sama memiliki bagasi yang luas kapasitas bagasi XMAX 250 lebih kecil, dibanding Forza 250, yaitu sebesar 42,5 liter.  

Namun hal ini masih cukup untuk membawa helm full-face, dan perlengkapan touring lainnya. Desain sporty yang diusung XMAX 250 mungkin menjadi pertimbangan tersendiri.  

Model ini terlihat gagah dan lincah namun jok yang cenderung lebih rendah, dibanding Forza 250 mungkin sedikit mengurangi kenyamanan untuk perjalanan jarak jauh.

3. Honda PCX 160 dan Yamaha NMAX 155

Bagi pengendara yang memiliki budget terbatas, Honda PCX 160 dan Yamaha NMAX 155 bisa menjadi pilihan menarik. Meskipun kedua skuter matic ini memiliki mesin yang lebih kecil, dibanding Forza 250 dan XMAX 250.

BACA JUGA:6 Dampak Buruk Tidak Memanaskan Mesin Motor Matic Sebelum Digunakan

BACA JUGA:Perbandingan Motor Matic Honda Beat dan Yamaha Gear 125, Mana yang Lebih Baik?

Dengan masing-masing 160cc dan 155cc namun performa dan fitur-fiturnya, masih cukup mumpuni untuk  touring jarak pendek dan menengah. Honda PCX 160 menggendong mesin 160cc 4-katup berpendingin cairan, dengan teknologi eSP+ yang irit bahan bakar.  

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 15,3 hp pada 8.500 rpm, dan torsi 15 Nm pada 7.000 rpm.  Sementara itu Yamaha NMAX 155 dipersenjatai mesin 155cc 4-katup, dengan teknologi VVA (Variable Valve Actuation) yang juga dikenal irit bahan bakar.  

Tenaga yang dihasilkan mesin NMAX 155 mencapai 15,1 hp, pada 8.000 rpm dan torsi 13,9 Nm pada 6.500 rpm. Baik PCX 160 maupun NMAX 155 terkenal dengan keiritan bahan bakarnya,  sehingga ideal untuk perjalanan jauh dalam hal penghematan biaya.  

Handling kedua skuter matic ini  juga tergolong lincah dan mudah dikendalikan, cocok untuk kondisi jalanan perkotaan maupun  perjalanan dengan tikungan. Bagasi yang ditawarkan  juga  cukup luas, masing-masing 30 liter untuk PCX 160 dan 23 liter untuk NMAX 155.  

BACA JUGA:Deretan Motor Matic yang Memiliki Body Bongsor, Bikin Kamu Tampil STYLISH

BACA JUGA:Yamaha Fazzio vs Honda Scoopy, Persaingan Duo Motor Matic Retro Entry Level Terbaik Saat Ini

Tak ketinggalan fitur-fitur modern seperti lampu LED, dan rem ABS turut melengkapi kedua skuter matic ini. Tenaga yang dihasilkan mesin kedua skuter matic ini, tentu lebih kecil dibanding Forza 250 dan XMAX 250.  

Hal ini dapat dirasakan ketika melintasi jalanan menanjak atau  membawa beban yang berat. Kenyamanan jok untuk penumpang belakang pada PCX 160 dan NMAX 155, juga perlu dipertimbangkan untuk touring jarak jauh.

4. Honda ADV 150

Honda ADV 150 hadir sebagai pilihan motor matic touring yang sedikit berbeda. Menggendong mesin 150cc 4-katup berpendingin cairan,  ADV 150 menawarkan performa yang cukup untuk touring jarak menengah.  

Tenaga yang dihasilkan pada mesin ini adalah 14,5 hp pada 8.500 rpm, dan dengan torsi 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: