Penyebab Baterai Motor Listrik Rusak dan Tidak Bisa Dicas

Penyebab Baterai Motor Listrik Rusak dan Tidak Bisa Dicas

Penyebab dan alasan mengapa baterai motor listrik anda rusak sehingga tidak bisa dicas.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ada beberapa hal kendala yang kerap dialami motor listrik. Termasuk mengenai penyebab baterai motor listrik rusak dan tidak bisa dicas.

Sumber energi sepeda motor listrik disimpan dalam baterai yang perlu diisi ulang jika dayanya habis. Namun, seperti halnya komponen elektronik lainnya, masalah masih dapat terjadi.

Contohnya apabila aki sepeda motor listrik tidak terisi lagi padahal waktu pengisian sudah bertambah. Kami menemukan bahwa ini adalah salah satu masalah paling umum yang dapat terjadi pada sepeda motor listrik.

Kesalahan ini disebut tegangan rendah yang dapat terjadi ketika Anda menggunakan sepeda motor listrik hingga baterainya mencapai nol persen. Tegangan rendah menunjukkan baterai kehabisan daya dan benar-benar kelelahan.

BACA JUGA:HARUS TAHU !! Inilah Asyiknya Punya Motor Listrik

BACA JUGA:HATI-HATI! Ini Tips Berkendara Aman dan Nyaman dengan Motor Listrik

Dampaknya terkena pada sistem manajemen baterai “BMS” dan/atau pengontrol. Masalah seperti ini dapat terjadi pada semua jenis baterai, mulai dari SLA, supergraphene, hingga litium.

Padahal, sepeda motor listrik seharusnya memberikan sinyal peringatan ketika baterai mencapai batas daya minimum.

Jika dalam posisi ini, segera isi dayanya dan jangan digunakan dulu. Jika baterai benar-benar habis, pengisian daya secara normal tidak dapat dilakukan. 

Sel akan kesulitan menerima arus dari charger konvensional. Dalam situasi ini, meningkatkan daya pengisian tidak berpengaruh. 

BACA JUGA:KEREN BANGET! Inilah Sederet Kelebihan Motor Listrik

BACA JUGA:5 Daftar Kesalahan Merawat Motor Listrik yang Harus Kamu Hindari!

Satu-satunya cara untuk mengembalikan performa motor listrik adalah dengan melepas baterai dan mengisinya secara eksternal.

Untuk melakukannya, keluarkan baterai terlebih dahulu dan isi dayanya di luar ruangan menggunakan alat khusus dengan proses pengisian daya yang lambat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: