Pengaruh Kesehatan Mental Orang Tua Terhadap Anak

Pengaruh Kesehatan Mental Orang Tua Terhadap Anak

Penjelasan terkait pengaruh kesehatan mental orang tua terhadap anaknya. -Fahma Ardiana-

 

 

Namun tahukah Anda, gangguan kesehatan mental jika tidak ditangani dengan baik, dapat berdampak pada anak bahkan keharmonisan keluarga? Tumbuh kembang anak bergantung pada orang tuanya.

Oleh karena itu, pengaruh kesehatan mental orang tua terhadap anak tidak bisa dianggap enteng. Perlu diilakukan penaganan khusus.

Orang tua adalah pendukung pertama dalam membantu anak hidup mandiri, sehat dan sukses. Kesehatan mental orang tua dan anak juga terlibat dalam banyak hal.

Orang tua dengan masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan mungkin lebih sulit merawat anak mereka dibandingkan orang tua dengan kesehatan mental yang baik.

BACA JUGA:Apa Itu OCD ? Inilah Penjelasan Lengkap Tentang Gangguan Kesehatan Mental OCD

BACA JUGA:Makanan untuk Membantu Atasi Gejala Gangguan Kesehatan Mental OCD

 

 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), orang tua dengan kesehatan mental yang buruk juga cenderung memiliki kesehatan mental yang buruk pada anak-anaknya.

Misalnya gangguan jiwa, gangguan emosi, gangguan tumbuh kembang, dan sebagainya. Ibarat efek domino, hal ini bahkan dapat mempengaruhi keharmonisan keluarga, misalnya melalui perceraian atau trauma.

Pentingnya Kesadaran Orang Tua Bagi Kesehatan Mental Individu

Faktanya, semua orang tua hendaknya berusaha untuk tidak memberikan tekanan pada dirinya sendiri untuk menjadi "orang tua yang sempurna". Harap dipahami bahwa semua orang tua mengalami masa-masa sulit dan tidak ada rasa malu untuk meminta bantuan.

Nah, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesadaran Anda akan kesehatan mental Anda sendiri sebagai orang tua. Yaitu :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: