Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mental

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mental

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mental -Harvard Health-

BACA JUGA:6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Mahasiswa Saat Proses Skripsi, Tips dan Strategi yang Efektif

BACA JUGA:5 Gangguan Kesehatan Mental Lansia Paling Berbahaya, Mengenali dan Mengatasi Tantangannya

3. Prebiotik dan Probiotik

Prebiotik merupakan zat alami pada makanan yang tidak dapat dicerna dan secara alami terdapat dalam usus. Keberadaan prebiotik mendorong perkembangan bakteri baik di dalam usus, sedangkan probiotik adalah jenis bakteri baik yang hidup di dalam usus. 

Pentingnya mengonsumsi makanan yang mengandung prebiotik dan probiotik terletak pada upaya menjaga kesehatan usus dan kesehatan mental secara keseluruhan.

Yoghurt merupakan salah satu sumber probiotik yang sangat baik, demikian juga dengan makanan fermentasi seperti miso, kimchi, dan kombucha. Selain itu, sauerkraut, buttermilk, dan beberapa jenis keju seperti cheddar, mozzarella, dan Gouda juga merupakan sumber probiotik yang baik. 

Di sisi lain, makanan yang kaya akan prebiotik meliputi kacang-kacangan, polong-polongan, oat, bawang putih, bawang merah, beri, dan pisang.

BACA JUGA:5 Jenis Gangguan Kesehatan Mental Anak Paling Berbahaya, Pengenalan dan Cara Penanganannya

BACA JUGA:Manfaat Berpuasa untuk Kesehatan Mental

Kegiatan yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental 

Selain mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mental, penting juga bagi kita untuk melakukan kegiatan lain yang dapat meningkatkan kesejahteraan pikiran. 

1. Olahraga

Olahraga bukan hanya tentang menjaga kebugaran fisik, tetapi juga memiliki dampak yang luar biasa pada kesehatan mental. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga secara teratur dapat mengurangi tingkat stres, meningkatkan suasana hati, dan bahkan mengurangi risiko gangguan mental seperti depresi dan kecemasan. 

Melalui aktivitas fisik ini, tubuh melepaskan endorfin yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan, yang dapat memberikan perasaan senang dan relaksasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: