Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mental

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mental

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mental -Harvard Health-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Makanan yang baik untuk kesehatan mental memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan emosi dan kinerja otak yang optimal.

Selain faktor genetik dan lingkungan, pola makan juga memainkan peran penting dalam kesehatan mental seseorang. 

Berikut beberapa rekomendasi makanan yang baik untuk kesehatan mental serta dapat memberikan kontribusi positif pada keseimbangan emosional dan kinerja otak yang optimal.

1. Buah dan Sayur

Buah dan sayur mengandung prebiotik, vitamin, mineral, dan antioksidan. Sebagai contoh, magnesium yang terdapat dalam alpukat, kacang-kacangan, dan salmon, serta vitamin C yang ditemukan dalam brokoli, jeruk, dan kangkung, dapat membantu mengurangi tingkat kecemasan.

BACA JUGA:Apa Saja Hubungan Kesehatan Mental dan Makanan Manis

BACA JUGA:Makanan untuk Membantu Atasi Gejala Gangguan Kesehatan Mental OCD

Selain itu, buah dan sayur juga merupakan sumber serat alami yang dapat meredakan kecemasan. Konsumsi makanan ini baik untuk bakteri usus, karena memberikan nutrisi bagi perkembangan bakteri usus yang bermanfaat. 

Dengan pertumbuhan bakteri usus yang optimal, suasana hati dapat meningkat dan peradangan tubuh cenderung lebih rendah.

2. Rempah-Rempah

Rempah-rempah merupakan bahan tambahan dalam masakan yang tidak mengandung kalori dan memiliki aroma khas, serta memiliki dampak yang penting bagi kesehatan otak dan usus. Salah satu kombinasi rempah-rempah yang populer adalah kunyit dengan sedikit lada hitam, di mana lada hitam membantu mengaktifkan senyawa kurkumin dalam kunyit yang memiliki manfaat antioksidan dan antiinflamasi.

Mencampurkan kunyit ke dalam smoothie atau sup merupakan cara mudah untuk memperoleh manfaat kesehatan dari makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Selain itu, rempah-rempah lain seperti bubuk kari, bubuk cabai, dan biji jintan juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan mental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: