Manfaat Tadarus Al Quran Bagi Kesehatan Mental

Manfaat Tadarus Al Quran Bagi Kesehatan Mental

Manfaat dari membaca Al-Qur'an yang sangat baik bagi kesehatan mental.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Rasakan manfaat tadarus Al Quran bagi kesehatan mental jika Anda rutin menerapkannya setiap hari.

Islam adalah agama yang memberi keteduhan bagi umatnya. Banyak ajaran Islam yang disampaikan melalui Al Quran, seperti bagaimana mensyukuri nikmat Allah.

Selain membaca Al Quran, mendengarkan bacaan Al Quran saja sudah menenangkan jiwa dan raga.

Meski banyak umat Islam yang masih belum bisa membaca Al Quran dengan lancar, tidak bisa memahami maknanya atau menafsirkannya ayat demi ayat, umat Islam yang berusaha terus membaca Al-Quran dan menafsirkan maknanya, banyak juga yang beriman.

BACA JUGA:Manfaat Curhat untuk Kesehatan Mental

BACA JUGA:Cabai Ternyata Bisa Mempengaruhi Kesehatan Mental

 

Membaca Al Quran memang tidak mudah dan tidak lancar membacanya bukanlah membuang-buang waktu, namun hal itu tidak menjadi alasan bagi kita untuk bermalas-malasan dalam membaca.

Sebagaimana Rasulullah mengatakan dengan tegas bahwa “sebaik-baiknya kamu adalah orang yang belajar Al Quran dan mengajarkannya (HR Bukhari, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasai).

Kesehatan mental adalah kemampuan seseorang dalam mengelola emosi dan pikirannya. Emosional tidak hanya berarti kemarahan, tetapi juga kesedihan dan kebahagiaan.

Orang yang memiliki kesehatan mental yang baik merasa tenang dan utuh secara psikologis, emosional, dan sosial. Namun yang pasti ketika seseorang menderita gangguan kesehatan mental maka tidak akan ada ketenangan jiwa dan raga.

BACA JUGA:Manfaat Kiwi yang Ternyata Mampu Meningkatkan Kesehatan Mental

BACA JUGA:Efek Positif Musik untuk Kesehatan Mental

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: