Manfaat Mengonsumsi Matcha untuk Kesehatan Mental

Manfaat Mengonsumsi Matcha untuk Kesehatan Mental

Matcha sangat baik untuk menenangkan pikiran dan meningkatkan kesehatan mental dan berikut adalah beberapa manfaat mengonsumsi matcha untuk kesehatan mental.-Fahma Ardiana-

3. Antioksidan untuk Melindungi Sel

Antioksidan, terutama katekin yang banyak terdapat pada matcha, melindungi sel otak dari stres oksidatif dan peradangan. Perlindungan ini mungkin berperan dalam menjaga kesehatan otak dan mencegah gangguan mental.

BACA JUGA:Langkah Menghindari Gangguan Kesehatan Mental dalam Proses Belajar Anak

BACA JUGA:Manfaat Teh Untuk Kesehatan Tubuh

4. Meningkatkan Konsentrasi

Kombinasi kafein dan L-theanine yang terdapat pada matcha terbukti meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan kemampuan berpikir kritis. Hal ini membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja otak.

5. Upacara Minum Teh untuk Meditasi

Tradisi minum teh, khususnya upacara minum teh Jepang, menciptakan momen meditatif. Meminum matcha secara perlahan di lingkungan yang tenang menciptakan waktu untuk refleksi dan relaksasi, sehingga meningkatkan kesejahteraan mental.

BACA JUGA:Jenis-Jenis Gangguan Kesehatan Mental pada Lansia

BACA JUGA:Mengenal Anhedonia Komplikasi dari Gangguan Kesehatan Mental

6. Pengurangan Stres dan Kecemasan

Matcha dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan karena memiliki kombinasi kafein dan L-theanine dapat meningkatkan produksi gelombang otak alfa yang menenangkan.

7.Efek Anti-inflamasi

Antioksidan yang ditemukan dalam matcha juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh yang berhubungan dengan penyakit mental.

BACA JUGA:Benarkah Cedera Kepala Berpotensi Menyebabkan Gangguan Kesehatan Mental?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: