Asal Tidak Berlebihan, Ternyata Menonton Drama Korea Baik untuk Kesehatan Mental

Asal Tidak Berlebihan, Ternyata Menonton Drama Korea Baik untuk Kesehatan Mental

Beberapa manfaat positif dari menonton drama Korea yang baik untuk kesehatan mental.-Fahma Ardiana-

BACA JUGA:Mengenal Anhedonia Komplikasi dari Gangguan Kesehatan Mental

Ketika Anda melihat karakter bergumul dengan masalah yang mereka hadapi dan berhasil mengatasinya, bayangkan diri Anda secara tidak langsung melakukan hal yang sama. Inilah bagaimana rasa percaya diri tumbuh.

5. Lebih Sadar akan Kesehatan Mental

Menonton drama Korea selain untuk hiburan juga membantu mengedukasi Anda dan masyarakat tentang kesehatan mental. Manfaat tersebut disebabkan oleh banyaknya drama Korea yang bercerita tentang penderita gangguan jiwa dan cara mengatasi penderitaannya.

Salah satu manfaat yang diusung drama Korea adalah mengurangi risiko stres. Manfaat lainnya adalah sebagai sarana melatih mental dan mengaktifkan fungsi otak.

BACA JUGA:Langkah Menghindari Gangguan Kesehatan Mental dalam Proses Belajar Anak

BACA JUGA:6 Tips Menjaga Kesehatan Mental Untuk Sandwich Generation

Saat Anda menonton sebuah drama Korea, otak Anda membayangkan kemungkinan skenario dan adegan dari drama tersebut. Ide ini bagus untuk menstimulasi otak Anda.

Selain itu, meningkatkan kesehatan otak dengan menjaga otak tetap aktif. Menonton drama Korea juga dapat membantu meningkatkan daya ingat Anda.

Seseorang akan mencoba mengingat kejadian dan karakter dari episode sebelumnya. Tempat penyimpanan hipokampus digunakan untuk memvisualisasikan karakter dan adegan yang ditampilkan.

K-drama juga merangsang kesadaran kognitif dan membantu meningkatkan konsentrasi. Saat Anda menonton drama, Anda memperhatikan karakter dan adegannya, sehingga meningkatkan konsentrasi Anda.

Imajinasi penonton menjadi lebih terfokus karena sering membayangkan skenario atau alternatif akhir yang dirasa lebih tepat. Drama Korea juga bisa dijadikan salah satu alat untuk mengurangi depresi. Hal ini berkaitan dengan produksi serotonin dan dopamin saat menonton.

Sobat, Tidak bisa dipungkiri kalau drama Korea sudah menjadi bagian dari kehidupan banyak orang. Jika Anda salah satunya, harap bersikap bijak sebagai penggemar drama Korea.

Usahakan tetap produktif, tidur dan istirahat yang cukup, serta berinteraksi dengan orang-orang di sekitar. Saya harap Anda mendapat manfaat dari drama Korea dan terhindar dari kecanduan. 

Itulah dia beberapa manfaat positif dari menonton drama Korea baik untuk kesehatan mental. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: