Pengaruh Gadget Terhadap Kesehatan Mental Anak

Pengaruh Gadget Terhadap Kesehatan Mental Anak

Beberapa pengaruh gadget terhadap kesehatan mental anak yang harus orang tua ketahui.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pengaruh gadget terhadap kesehatan mental anak perlu Anda waspadai sebagai orang tua.

Pasalnya, kesehatan mental tidak hanya mempengaruhi satu kelompok umur. Pada dasarnya, kesehatan mental diperlukan sepanjang hidup.

Dari kesehatan jiwa anak sampai kesehatan jiwa orang lanjut usia. Kesehatan mental anak tidak hanya mengacu pada keadaan psikologis anak tanpa penyakit mental, tetapi juga mencakup kemampuan berpikir jernih, mengendalikan emosi, dan berinteraksi dengan anak seusianya.

Anak dengan kesehatan mental yang baik mempunyai beberapa sifat positif, antara lain kemampuan beradaptasi dengan situasi, mengatasi stres, menjaga hubungan baik, dan pulih dari situasi sulit.

BACA JUGA:Langkah Menghindari Gangguan Kesehatan Mental dalam Proses Belajar Anak

BACA JUGA:Tips Menjaga Kesehatan Mental pada Anak

Di sisi lain, kesehatan mental masa kanak-kanak yang buruk, dapat menyebabkan masalah perilaku yang lebih serius, akibat ketidakseimbangan mental dan emosional serta kehidupan sosial yang buruk.

Salah satu penyebabnya mungkin karena penggunaan gadget yang berlebihan. Di dunia sekarang ini, di mana gadget tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, tidak hanya orang dewasa tetapi juga anak-anak pun tidak bisa hidup tanpanya.

Gadget memungkinkan anak duduk dengan tenang tanpa mengganggu orang tuanya. Hal ini membuat anak-anak terbiasa menghabiskan sepanjang hari di iPad, ponsel, televisi, video game, dan perangkat teknologi lainnya.

Menurut psikologi, pengaruh gadget terhadap anak juga dapat mempengaruhi perubahan fisik. Dampak psikologisnya antara lain penghindaran kontak dengan lingkungan, kecenderungan menjaga hubungan baik dengan orang tua, cepat merasa bosan, dan sulit berkonsentrasi pada kehidupan nyata.

BACA JUGA:Inilah Beberapa Tanda Adanya Gangguan Kesehatan Mental pada Anak

BACA JUGA:Tips Mengurangi Screen Time Pada Anak

Kemampuan menganalisis masalah terganggu. Keterbelakangan otak kanan, salah satu faktor yang mempengaruhi daya ingat dan perhatian, merupakan salah satu penyebab demensia dini.

Dokter anak AS Chris Rowan mengatakan penggunaan perangkat tersebut harus dilarang pada usia muda, terutama anak-anak di bawah usia 12 tahun. Pasalnya, banyak penelitian yang menunjukkan dampak negatif gadget terhadap gadget. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: