Pengaruh Gadget Terhadap Kesehatan Mental Anak

Pengaruh Gadget Terhadap Kesehatan Mental Anak

Beberapa pengaruh gadget terhadap kesehatan mental anak yang harus orang tua ketahui.-Fahma Ardiana-

BACA JUGA:5 Gangguan Kesehatan Mental Paling Berbahaya, Harus Diwaspadai

4. Gangguan Tidur

Kebanyakan anak mengoperasikan gawai di kamar tidurnya karena tidak semua orang tua mengawasi anaknya dalam menggunakan gawai. Sebuah penelitian menemukan bahwa 75 persen anak usia 9 hingga 10 tahun yang menggunakan perangkat di kamar tidurnya mengalami masalah tidur yang mengurangi kemampuan mereka untuk belajar.

5. Penyakit Mental

Sejumlah penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan gawai secara berlebihan merupakan faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan depresi, kecemasan, gangguan defisit perhatian, autisme, gangguan bipolar, dan gangguan perilaku pada anak.

BACA JUGA:Seberapa Penting Kesehatan Mental, Mengapa Kesehatan Mental Perlu Diperhatikan?

BACA JUGA:Cara Mudah Vakum Media Sosial Untuk Menjaga Kesehatan Mental

6. Agresif

Anak-anak yang terpapar program kekerasan di gawai berisiko menjadi agresif. Selain itu, kini terdapat banyak video game dan tayangan yang memuat pembunuhan, pemerkosaan, pelecehan, dan bentuk kekerasan lainnya.

7. Demensia Digital

Konten media berkecepatan tinggi meningkatkan risiko defisit perhatian dan mengurangi konsentrasi dan memori. Pasalnya, bagian otak yang terlibat cenderung menyusut.

8. Kecanduan

Karena kurangnya perhatian orang tua (juga terganggu oleh gawai), anak cenderung mendekati gawai. Bahkan, hal ini bisa memicu kecanduan hingga tidak bisa hidup tanpa gadget.

9. Radiasi

WHO mengklasifikasikan ponsel dengan risiko 2B akibat radiasi yang dipancarkannya. Selain itu, anak-anak lebih sensitif terhadap radiasi karena otak dan sistem kekebalan tubuh mereka masih berkembang, dan risiko mereka terkena masalah akibat radiasi perangkat lebih tinggi dibandingkan orang dewasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: