Tips Mengurangi Screen Time Pada Anak

Tips Mengurangi Screen Time Pada Anak

Tips dan cara untuk mengurangi screen time pada anak yang orang tua wajib ketahui.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Screen time adalah jumlah waktu yang diberikan pada anak untuk menggunakan perangkat layar seperti bermain handphone, menonton tv, bermain laptop, ataupun bermain tablet. Screen time biasanya akan mengakibatkan berkurangnya kesempatan anak untuk beraktivitas atau menghabiskan waktu di luar ruangan.

Hal itu akan membuat aktivitas fisik anak jadi semakin sedikit dan bisa berdampak negatif untuk kesehatan tubuh mereka.

Orang tua harus bisa mengurangi screen time pada anak agar anak lebih memiliki banyak waktu untuk bermain dan mengenal dunia luar. Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang tips mengurangi screen time pada anak. Simak sampai habis !

- Waktu Screen Time yang Direkomendasikan : 

Rekomendasi screen time harian tergantung pada usia anak. Adapun rekomendasi dari Canadian Paediatric Society (CPS) dan Canadian Society for Exercise Physiology (CSEP) untuk batas harian screen time yaitu 2 jam per hari untuk anak dan remaja usia 5 sampai 17 tahun, kurang dari 1 jam per hari untuk anak usia 2 sampai 4 tahun, dan tidak boleh ada screen time untuk anak usia dibawah 2 tahun.

BACA JUGA:Tips Mengajari Anak Mandiri Sejak Dini

BACA JUGA:Tips Dasar co-Parenting Bagi Orang Tua yang Bercerai

- Cara Membatasi Screen Time :

1. Tunjukkan pada Anak Penggunaan Elektronik yang Sehat

Sebagai orang tua kita harus menjadi contoh yang baik bagi anak-anak, termasuk dalam hal menggunakan perangkat elektronik. Maka dari itu, kita harus selalu ingat bahwa kita sedang memberikan contoh yang baik kepada anak-anak tentang seberapa banyak kita menghabiskan waktu di depan layar.

Menonton televisi terus-menerus, asyik scrolling tiktok setiap kali ada waktu luang, merupakan contoh yang tidak baik bagi anak untuk dilihat. Alangkah lebih baiknya sebagai orang tua kita juga harus pintar mengatur screen time agar bisa menjadi contoh baik yang akan ditiru anak-anak.

2. Batasi Mulai Sejak Dini

Studi menyebutkan rata-rata waktu harian anak-anak yang dihabiskan untuk menonton televisi atau menggunakan komputer dan perangkat elektronik lainnya meningkat dari 53 menit pada usia 12 bulan menjadi lebih dari 150 menit pada usia 3 tahun. Itulah mengapa peran orang tua untuk menghilangkan kebiasaan itu sejak dini sangat penting. 

BACA JUGA:Tips Menghadapi Perbedaan Pendapat dalam Keluarga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: