5 Mitos Seputar Insomnia yang Perlu Anda Pahami untuk Tidur yang Lebih Berkualitas, Jangan Percaya Semua!

5 Mitos Seputar Insomnia yang Perlu Anda Pahami untuk Tidur yang Lebih Berkualitas, Jangan Percaya Semua!

Mitos Seputar Insomnia-Freepik-

BACA JUGA:Rekomendasi Lagu Sebagai Penenang Untuk Cepat Tidur Dan Mencegah Insomnia!

2. Tubuh akan terbiasa dengan waktu tidur yang sedikit

Mitos seputar insomnia yang menyatakan bahwa tubuh dapat terbiasa dengan waktu tidur yang sedikit tidaklah benar. Sebaliknya, kebiasaan tidur yang kurang dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh karena dapat menyebabkan kelelahan.

Dalam jangka panjang, kebiasaan buruk ini dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan, seperti gangguan koordinasi tubuh dan masalah psikologis, seperti perubahan suasana hati yang cepat, kecemasan berlebihan, depresi, halusinasi, dan paranoid.

Tidak hanya berdampak pada kesehatan mental, kurangnya waktu tidur juga dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti gangguan irama jantung (aritmia), gagal jantung, serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi.

3. Obat tidur bisa dikonsumsi dengan aman dan tanpa risiko

Ada mitos seputar insomnia yang menyatakan bahwa obat tidur aman dikonsumsi dan tidak berbahaya. Meskipun obat tidur dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari, namun obat ini hanya boleh digunakan di bawah pengawasan dokter. 

BACA JUGA:Ini Dia 5 Dampak Bahaya Tidur Terlalu Lama, Bisa Menyebabkan Kematian Dini Loh

BACA JUGA:4 Risiko Tidur Tengkurap yang Serius Tetapi Sering Diabaikan, Apa Saja?

Penggunaan obat tidur biasanya hanya diperuntukkan untuk mengatasi insomnia dalam jangka pendek.

Jika digunakan secara tidak benar, obat tidur dapat menyebabkan kecanduan atau ketergantungan. Selain itu, obat tidur juga dapat menimbulkan berbagai efek samping, mulai dari diare, sakit kepala, mulut dan tenggorokan kering, nyeri pada ulu hati, rasa terbakar di dada, hingga penurunan daya ingat.

4. Tidur siang bisa membantu mengatasi insomnia

Tidur di siang hari bisa membantu mengatasi insomnia, namun efeknya berbeda-beda pada setiap orang. Beberapa orang mungkin merasa segar setelah tidur sebentar selama 15 menit di siang hari dan kemudian mudah terlelap. 

Namun, perlu diingat bahwa tidur siang tidak dapat menggantikan kekurangan tidur akibat insomnia yang telah berlangsung lama. Tidur siang juga dapat membuat sulit tidur di malam hari, terutama bagi mereka yang mengalami insomnia. 

Jika Anda ingin tidur siang untuk mendapatkan energi tambahan, disarankan untuk tidur selama 10-20 menit sebelum pukul 3 sore. Hal ini dapat membantu mencegah kesulitan tidur di malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: