5 Mitos Seputar Insomnia yang Perlu Anda Pahami untuk Tidur yang Lebih Berkualitas, Jangan Percaya Semua!

5 Mitos Seputar Insomnia yang Perlu Anda Pahami untuk Tidur yang Lebih Berkualitas, Jangan Percaya Semua!

Mitos Seputar Insomnia-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Banyak sekali mitos seputar insomnia yang masih beredar sampai saat ini. Namun, sebenarnya mitos-mitos tersebut belum tentu akurat dan bahkan dapat menyesatkan. 

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang insomnia, termasuk mitos dan fakta yang terkait dengan kondisi tersebut.

Insomnia merupakan gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan untuk tidur. Jika dibiarkan berlanjut dalam waktu yang cukup lama, insomnia dapat membuat penderitanya merasa mudah lelah, sering mengantuk saat melakukan aktivitas, dan kesulitan untuk berkonsentrasi.

Tidak hanya itu, insomnia yang tidak ditangani dengan benar juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya, seperti penurunan daya ingat dan gairah seksual, melemahnya sistem kekebalan tubuh, serta gangguan mental seperti kecemasan dan depresi.

BACA JUGA:Sulit Tidur? Berikut Tips Agar Insomniamu Hilang!

BACA JUGA:Sedang Mengalami Insomnia? Coba 5 Tips Ini Agar Kamu Bisa Cepat Tidur Nyenyak!

5 Mitos Seputar Insomnia yang Perlu Anda Pahami untuk Tidur yang Lebih Berkualitas, Jangan Percaya Semua! 

Berikut adalah beberapa mitos seputar insomnia dan fakta yang mendasarinya:

1. Menonton TV membuat cepat tidur

Ada kepercayaan bahwa menonton televisi atau menggunakan perangkat elektronik sebelum tidur dapat membantu seseorang tidur lebih cepat dan mengatasi insomnia. Namun, hal ini tidaklah sepenuhnya benar. 

Siklus tidur dan bangun diatur oleh hormon melatonin yang dihasilkan oleh otak. Meskipun menonton TV bisa membuat rasa mengantuk, namun kebiasaan ini di malam hari justru dapat mengganggu produksi hormon melatonin. 

Sebagai gantinya, Anda dapat mencoba menerapkan kebiasaan tidur yang sehat dan mendengarkan musik yang menenangkan untuk membantu Anda merasa lebih rileks dan mudah tertidur.

BACA JUGA:Tips dan Cara Agar Mudah Tertidur, Cocok untuk Penderita Insomnia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: