4 Risiko Tidur Tengkurap yang Serius Tetapi Sering Diabaikan, Apa Saja?

4 Risiko Tidur Tengkurap yang Serius Tetapi Sering Diabaikan, Apa Saja?

Jangap Anggap Remeh, Inilah 5 Bahaya Tidur Tengkurap bagi Kesehatan!-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Mungkin beberapa dari Anda belum menyadari bahwa tidur dalam posisi tengkurap dapat membantu mengurangi dengkuran yang sering mengganggu tidur orang lain. 

Namun, tidur dengan posisi tengkurap juga memiliki risiko terhadap kesehatan. Apa sajakah risiko tidur tengkurap tersebut?

Umumnya, terdapat tiga posisi tidur yang sering dilakukan: telentang, menyamping, dan tengkurap. Setiap posisi tidur memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Tidur tengkurap memang dikenal dapat mengurangi dengkuran dan membantu mengurangi risiko sleep apnea, di mana pangkal lidah dapat jatuh ke belakang secara tidak sengaja dan menyebabkan gangguan pernapasan sementara selama tidur.

BACA JUGA:Jangap Anggap Remeh, Inilah 5 Bahaya Tidur Tengkurap bagi Kesehatan!

BACA JUGA:4 Posisi Tidur Terbaik saat Sakit Kepala Datang

Berbagai Risiko Tidur Tengkurap bagi Kesehatan

Meskipun memiliki manfaat tertentu, ada beragam risiko tidur tengkurap terhadap kesehatan. Berikut adalah beberapa risiko yang dapat muncul akibat tidur dalam posisi tengkurap:

1. Gangguan pada Punggung

Ketika seseorang tidur dalam posisi tengkurap, postur tubuhnya cenderung membuat tulang belakang melengkung. Hal ini dapat menciptakan tekanan yang menyebabkan punggung terasa tegang dan kaku saat bangun tidur. 

Kondisi ini secara bertahap dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri pada punggung. Tetapi, risiko tidur tengkurap tidak berhenti sampai di situ saja. 

Seiring berjalannya waktu, tidur tengkurap yang terus-menerus juga dapat memicu terjadinya sensasi kesemutan atau mati rasa di sekitar area punggung. Kedua kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa tubuh mengalami tekanan atau ketegangan yang berlebihan akibat posisi tidur yang kurang ideal.

2. Nyeri Leher

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: