Mahasiswa Stikes Nasional Surakarta Prodi DIV Fisioterapi Ajak Senam Lansia

Mahasiswa Stikes Nasional Surakarta Prodi DIV Fisioterapi Ajak Senam Lansia

Mahasiswa Stikes Nasional Surakarta Prodi DIV Fisioterapi Mengadakan KKN kabupaten Sukoharjo, Kecamatan Weru Desa Tegalsari pada tanggal 22 April 2024 - 8 Maret 2024 melakukan beberapa proker salah satunya yaitu pemberian Senam lansia yang dimana dari sen-Mahasiswa Stikes Nasional Surakarta untuk Radarmas-

SUKOHARJO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Mahasiswa Program Studi DIV Fisioterapi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tegalsari, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo.

KKN dilaksanakan pada tanggal 22 April 2024 hingga 8 Mei 2024.

Rangkaian program kerja mereka lakukan dengan sasaran anak-anak hingga usia lanjut, di antaranya skrining tumbuh kembang anak usia 5-6 tahun, pemberian permainan engklek untuk TK Tegalsari 3, serta penyuluhan kebersihan dan pengelolaan air bersih, untuk mengatasi kasus DBD di daerah sekitar desa Tegalsari. Dan juga pemeriksaan keseimbangan yang ditujukan kepada warga lanjut usia.

Kegiatan pemeriksaan keseimbangan dilakukan pada hari Selasa, 23 April 2024 di Posyandu Lansia Cokrowangsan RT 03 RW 07 Desa Tegalsari, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo dengan peserta berjumlah 21 orang.

Acara berjalan dengan lancar dengan didampingi oleh Bidan Desa dan Kader Posyandu setempat. Setelah pemeriksaan keseimbangan usai, acara dilanjutkan dengan senam lansia yang dipimpin langsung oleh kelompok KKN DIV Fisioterapi STIKES Nasional.

"Senang sekali bisa bergabung dan memberikan senam lansia kepada warga di sini" kata Erezza yang merupakan salah satu anggota kelompok KKN. Senam lansia dilakukan 2 kali yaitu pada tanggal 1 Mei 2024 dan 5 Mei 2024. "Senamnya sangat menyenangkan dan tidak ngos-ngosan, santai" ujar Ibu Semi, salah satu peserta senam.

Senam lansia adalah pengobatan alternatif yang dapat memberikan pengaruh yang baik bagi kesehatan tubuh lansia, yaitu untuk melatih kemampuan otot sendi agar tidak terjadi kekakuan, dapat meningkatkan keseimbangan dan kebugaran lansia.

Selain senam lansia, mereka juga membagikan Buku Saku yang berisi latihan-latihan yang dapat dilakukan secara mandiri oleh para peserta lansia di rumah. Latihan-latihan tersebut bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri pada pinggang, lutut, dan tumit.

"Terimakasih kepada mahasiswa KKN DIV Fisioterapi STIKES Nasional yang telah turut serta dalam kegiatan demi memajukan kesehatan masyarakat di desa ini" ujar Kepala Desa Tegalsari, Nugroh. (*/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: