Heat Exhaustion, Risiko Olahraga Saat Siang Hari

Heat Exhaustion, Risiko Olahraga Saat Siang Hari

Heat Exhaustion, Risiko Olahraga Saat Siang Hari-Hello Sehat -

4. Memilih Pakaian yang Tidak Tepat

Memilih pakaian yang terlalu tebal atau tidak menyerap keringat dengan baik saat beraktivitas berat dapat menghambat proses pendinginan tubuh. Pakaian yang tidak memungkinkan ventilasi udara yang baik atau tidak membiarkan keringat menguap dengan mudah dapat meningkatkan risiko overheating.

Tanda dan Gejala Heat Exhaustion

Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik berat di bawah teriknya matahari dapat menjadi pemicu timbulnya heat exhaustion. Kondisi ini dapat berkembang secara perlahan atau bahkan muncul tiba-tiba, mengancam kesehatan dan kesejahteraan seseorang.

BACA JUGA:Bahaya Olahraga di Siang Hari

BACA JUGA:Manfaat Olahraga Lari di Siang Hari

Tanda dan gejala heat exhaustion dapat bervariasi, tetapi ada beberapa hal yang dapat diperhatikan untuk mengidentifikasinya. Menurut informasi dari Cleveland Clinic, sebelum mengalami heat exhaustion, seseorang biasanya akan merasakan biang keringat (heat rash) atau kram panas (heat cramps). 

Beberapa gejala yang sering terkait dengan heat exhaustion antara lain timbulnya perasaan linglung dan kebingungan. Urin yang berwarna keruh, menandakan kemungkinan dehidrasi. Pusing hingga pingsan, karena pengaruh suhu yang tinggi terhadap sistem kardiovaskular.

terjadinya Kelelahan yang tidak lazim, bahkan setelah istirahat yang cukup. Sakit kepala yang intens. Gejala gastrointestinal seperti mual, muntah, atau diare. Kulit yang pucat dan berkeringat berlebih.

Selain itu terjadi perubahan kulit terasa dingin dan lembap, terutama di bagian yang terkena sinar matahari langsung. Merinding saat terpapar panas, yang merupakan respons tubuh terhadap upaya untuk mendinginkan diri. Dan detak jantung yang lemah dan cepat.

BACA JUGA:Manfaat Olahraga di Pagi Hari

BACA JUGA:Referensi Olahraga Pagi untuk Pola Hidup yang Sehat

Selain gejala yang disebutkan di atas, mungkin juga ada tanda dan gejala lain yang tidak tercantum dalam daftar ini. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gejala yang mengkhawatirkan, sangat penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis terlatih untuk evaluasi dan perawatan lebih lanjut.

Faktor Risiko Heat Exhaustion

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: